Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat

Ibu Hamil Mesti Tahu Bahwa Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat

Ketika hamil rasa mual mudah timbul jika ibu hamil mencium sesuatu yang menusuk penciumannya. Apakah mual saat hamil pertanda kehamilan sehat?

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya.

Dalam kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat. Nah, berhubung pada situs resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaallah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat

Mual saat hamil pertanda kehamilan sehat | Dalam taraf wajar, mual saat hamil justru pertanda sehatnya kandungan. Wanita yang mengalami mual di masa awal kehamilan, risiko keguguran justru lebih kecil.  Mual saat hamil dialami sebagian besar ibu hamil, hanya kurang dari 20 persen yang tidak mengalaminya.  Kondisi ini adalah hal yang umum terjadi di awal masa kehamilan, terutama minggu pertama hingga bulan ketiga, dan diduga penyebabnya adalah perubahan hormon. Meski begitu, beberapa wanita mengalami mual hingga waktu yang lebih lama.

Selain itu, walau sering disebut juga dengan sebutan morning sickness, sebenarnya kondisi ini dapat terjadi kapan saja, pagi, siang, maupun malam. Bahkan, ada beberapa ibu hamil mengalaminya sepanjang hari.

Apa yang menyebabkan ibu hamil sering Mual ?

Dikutip dari alodokter.com -, Mual pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Produksi hormon kehamilan. Ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hal inilah  yang diduga menyebabkan mual. Jadi, rasa mual yang muncul merupakan pertanda bahwa produksi hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat berjalan normal.
  • Adanya peningkatan kadar hormon estrogen.
  • Sensitivitas terhadap aroma atau bau tertentu meningkat.
  • Penelitian menemukan bahwa sebagian wanita mengalami mual saat stres.
  • Infeksi saluran kencing dapat menyebabkan mual dan muntah.

Biasanya wanita hamil cenderung lebih berisiko mengalami mual saat hamil terutama jika sebelumnya mereka sudah pernah mengalami mual dalam perjalanan, mual saat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen, mengandung anak pertama, obesitas, dan mengandung bayi kembar.

Apakah Mual pada ibu hamil Berbahaya?

Mual pada ibu hamil sebenarnya wajar dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Kondisi ini justru menguntungkan karena akan mendorong sang ibu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, seperti karbohidrat, yang kurang memicu mual. 

Selain itu, mual juga akan mengurangi risiko janin terpapar zat yang berbahaya dari aneka makanan yang dikonsumsi sang ibu. Tak kalah penting, kondisi mual juga akan mendorong ibu hamil menyesuaikan aktivitasnya dengan perkembangan si janin.

Namun, apabila frekuensi mual dan muntahnya berlebihan, tetap harus diwaspadai. Mual yang diikuti dengan muntah-muntah parah dapat menjadi pertanda adanya gangguan dalam kehamilan. Misalnya pada hamil anggur, dimana plasenta berkembang menjadi sekelompok kista abnormal. Kemungkinan lain adalah hyperemesis gravidarum, yaitu kondisi saat ibu hamil kehilangan berat badan dan cairan tubuh dalam jumlah banyak sehingga perlu dirawat dengan infus atau obat-obatan.

Namun selain mual muntah pada ibu hamil tidak berbahaya, ada juga tanggapan bahwa mual itu berbahaya. Seperti apakah bahaya tersebut ?

Kondisi Mual Saat Hamil Yang Bahaya

Meskipun mual dianggap hal wajar bagi ibu hamil, namun ada indikasi bahaya pada mual yang terjadi pada ibu hamil. Indikasi itu harus dipahami oleh ibu hamil agar ibu hamil segera mendapatkan penanganan medis yang sesuai dan cepat. Berikut ini indikasi bahaya mual pada ibu hamil yang harus segera mendapatkan penanganan lebih lanjut :

  • Saat makan dan minum ibu hamil selalu disertai dengan muntah dan mual.
  • Sedikit berkemih dan jumlah urin sedikit.
  • Badan terus lemas dan lesu. Tidak bisa beranjak dari tempat tidur.

Ketiga indikasi di atas mengarah ke indikasi bahwa ibu hamil mengalami penyakit hiperemisi gravidarum. Penyakit itu merupakan penyakit mual dan muntah yang over atau berlebihan. Perawatan intensif di rumah sakit sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi ibu hamil seperti sedia kala. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, akan membahayakan nyawa ibu hamil. Membahayakan nyawa karena ibu hamil kekurangan cairan dan tenaga untuk bertahan hidup.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai mual saat hamil pertanda kehamilan sehat, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Khususnya bagi anda wanita yang sering mengalami mual saat hamil, hal tersebut di pandang sehat karena rendahnya terjadi keguguran. Namun ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa mual pada wanita hamil ada juga yang berbahaya. Oleh karena itu wanita hamil harus tetap menjaga kesehatan kandungan dan asupan nutrisi yang baik di setiap harinya.

Baca juga | Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Alamat Kantor Pusat Kami :

klikJl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan baik itu kesehatan pada ibu hamil, anak-anak, dll semuanya ada dalam website ini. Jadi silahkan anda simpan link berikut ini http://obatherbalagarcepathamil.com/, baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!