Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Sekilas Informasi Mengenai Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Pernahkah anda ketika hamil merasakan kecemasan yang berlebih ? Jangan bingung, karena kini kami dapat menginformasikan tips mengusir kecemasan saat hamil.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Kami selaku agen resmi, tidak hanya menghadirkan produk herbal yang berkualitas saja, namun kami juga dapat memberikan kenyamanan kepada anda calon pelanggan kami dengan memberikan sistem pembayaran yang paling istimewa yakni (kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran).

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Dalam kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil. Nah, berhubung pada website resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaallah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!

Tips Mengusir Kecemasan Saat HamilDikutip dari alodokter.com -, Masa-masa kehamilan merupakan momen yang begitu indah bagi para ibu. Bagaimana tidak? Ada manusia mungil yang hidup, tumbuh, dan berkembang di dalam tubuh. Namun, pemikiran demikian tidak lantas menjadikan sembilan bulan masa kehamilan selalu dipenuhi dengan kebahagiaan. Ada kalanya ibu merasa stres dan super cemas, entah terhadap kesehatan dirinya maupun kesehatan bayi. Bahkan, perempuan yang tidak pernah mengalami serangan panik sebelum hamil pun dapat mengalaminya ketika hamil.

Merupakan hal yang alamiah bila seorang ibu hamil mengkhawatirkan tentang apa yang diminum, dimakan, dilakukan, dan dirasakan oleh dirinya sendiri. Selain itu, sangat normal bila Bunda cemas apakah bayi dalam kandungan dalam keadaan sehat, bagaimana sang Buah Hati akan mengubah hidupmu dan hubunganmu, serta apakah Bunda dapat benar-benar mengemban tanggung jawab sebagai orang tua pada nantinya. Namun, bila serangan panik yang melanda sudah membebani bahkan hingga menghambat aktivitas sehari-hari, sudah saatnya untuk menangani kondisi Bunda dengan baik.

Baca juga artikel menarik lainnya | Khasiat Baby Oil Bagi Bayi, Anak-anak dan Dewasa

Apakah bunda mengalami gejala serangan panik tertentu, seperti jantung berdebar kencang, pusing, gemetar, dada terasa nyeri, maupun sulit bernapas. Selain gejala tersebut, Ibu hamil juga bisa merasakan gejala mual dan merasa seolah-olah hidupnya akan berakhir, kehilangan akal sehat, atau seolah-olah sesuatu yang buruk akan terjadi. Untuk itu , usir kecemasan saat hamil agar semua bisa berjalan dengan lebih membahagiakan dengan beberapa cara berikut :

√ Bicarakanlah

Berbagilah tentang perasaan dan ketakutan Bunda kepada pasangan, bahkan bila yang dicemaskan adalah pasangan itu sendiri. Membicarakan tentang kegelisahan yang sedang dirasakan dapat membantu Bunda merasa lebih baik. Selain berbicara kepada pasangan, Bunda juga dapat berdiskusi dengan para ibu hamil dengan tahap kehamilan yang sama, seperti di dalam kelas antenatal atau kelas senam ibu hamil. Bunda akan menemukan teman-teman yang mungkin memiliki perasaan yang sama.

Sementara itu, bila Bunda sangat cemas atau memiliki alasan khusus untuk mengkhawatirkan Buah Hati, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikannya kepada dokter. Bila setelah pemeriksaan dan ternyata kondisi fisik bayi dan Bunda dalam keadaan baik, tapi Bunda masih merasa gelisah, mungkin Bunda perlu konseling dengan psikolog.

√ Olah Raga!

Olahraga dapat memperbaiki suasana hati Bunda. Lakukanlah latihan ringan seperti:

  • Berjalan-jalan selama 20 menit per hari. Bisa di sekitar pekarangan rumah atau di sekitar tempat tinggal.
  • Berenang, merupakan latihan yang ideal karena selain menyehatkan, tidak menjadikan sendi-sendi bekerja terlalu keras.
  • Yoga kehamilan, bermanfaat merenggangkan tubuh sekaligus melatih pernapasan, relaksasi dan teknik meditasi. Kecemasanmu mungkin dapat diatasi dengan teknik-teknik ini.
  • Bila kamu tidak bisa ikut kelas yoga, kamu bisa kok bermeditasi sendiri di rumah. Caranya, duduklah di tempat yang tenang dan pejamkan mata. Tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan-lahan melalui hidung. Di saat yang bersamaan, relaksasikan bahu. Pusatkan perhatian pada titik fokus tertentu, seperti pada lilin atau gambar, dan ulangi kata-kata yang menenangkan. Idealnya, sesi meditasi ini dilakukan selama 20 menit di pagi hari, lima hari dalam seminggu.
  • Jadikan olahraga sebagai kebiasaan rutin sehari-hari, bahkan bila kamu sedang bekerja di kantor. Bagi wanita karier, sempatkanlah paling tidak 10 menit untuk berjalan-jalan mencari udara segar, misalnya saat istirahat makan siang.

√ Mengatasi Perjalanan Pergi-Pulang Kerja

Jarak dan durasi perjalanan bisa menjadi penyebab utama stres, dan bahkan bisa memburuk saat kehamilan bertambah besar. Bagi ibu bekerja, situasi ini ibarat buah simalakama. Untuk menyiasatinya, coba berkompromi dengan atasan agar kamu bisa masuk kerja lebih awal dan pulang lebih cepat guna menghindari jam macet.

Selama di perjalanan, pastikan Bunda untuk duduk di dalam kendaraan. Bila menggunakan kendaraan umum dan tidak ada yang memberikan tempat duduk, mintalah dengan sopan. Pada dasarnya orang-orang mau memberikan tempat duduk untuk ibu hamil, hanya saja terkadang perlu diingatkan.

√ Cukupi Kebutuhan Istirahat

Upayakan untuk tidur lebih awal karena tanpa disadari tubuh bekerja siang dan malam untuk menutrisi janin. Selain itu, alangkah baiknya bila Bunda dan bayi dapat bersantai bersama-sama. Nyanyikanlah lagu untuk Buah Hati di dalam kandungan sebelum tidur. Bunda juga bisa mengajaknya mengobrol. Pada kenyataannya, janin dapat mendengar suara Bunda sejak berusia 23 minggu. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat membantu terbentuknya ikatan antara ibu dan anak ketika dia lahir nanti.

Bila sebelumnya Bunda sudah memiliki anak, jangan ragu untuk meminta bantuan suami, orang tua, atau kerabat untuk menjaganya agar Bunda bisa beristirahat sejenak.

√ Terapkan Pola Makan Sehat dan Seimbang

Agar ibu hamil memiliki energi yang baik untuk tubuh dan menjaga kondisi emosi, konsumsilah makanan sehat dan seimbang, terutama yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral. Makanan jenis ini diketahui dapat memperbaiki suasana hati. Di samping itu, kandungan omega-3 yang terdapat di dalam ikan berminyak, seperti dari salmon, tuna, trout, dan sarden, dapat membantu meringankan depresi.

Selain makanan, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih paling tidak 1,5 liter per hari untuk menghindari dehidrasi. Selain dapat membuat ibu hamil lebih rentan mengalami sakit kepala, dehidrasi juga dapat berdampak kepada suasana hati.

√ Berpikir Positif

Memang tidak ada salahnya membaca buku dan mencari semua informasi tentang kehamilan, namun selalu berpikir positif dan tidak berlebihan dalam mencari informasi juga penting untuk dilakukan. Tidak perlu terlalu dalam menggali informasi tentang risiko-risiko menyeramkan yang mungkin menimpa kehamilan. Fokuslah tentang masa kini, apa yang sedang dijalani dan bagaimana perasaan Bunda menjalaninya.

√ Siasati Pengeluaran

Bila yang Bunda khawatirkan adalah uang, cobalah untuk menyiasati pengeluaran. Buatlah daftar keperluan untuk menyambut kedatangan sang bayi, seperti pakaian dan peralatan maternal. Dari daftar itu, pilih mana saja yang masih bisa meminjam dari kerabat dan mana yang bisa dibeli bekas pakai atau benar-benar harus beli baru. Jangan memaksakan pengeluaran yang tidak diperlukan.

√ Bersiaplah Untuk Menjadi Ibu

Pelajari tentang apa saja yang bisa terjadi selama melahirkan. Bila Bunda merencanakan untuk melahirkan secara caesar, konsultasikanlah kepada dokter tentang apa yang akan terjadi pada hari pelaksanaan dan apa saja yang perlu disiapkan. Dengan mengetahuinya secara detail, Bunda bisa menjadi lebih percaya diri.

Untuk menjadi seorang Ibu, Bunda bukan saja harus bersiap melahirkan, tapi juga mempersiapkan diri untuk mengasuh anak kelak. Jangan cemas, yakinlah bahwa untuk menjadi orang tua, Bunda harus terus belajar sepanjang hidup. Jika Bunda kebetulan berteman dengan seseorang yang sudah memiliki bayi, tidak ada salahnya untuk meminta tips bermanfaat dan saling berbagi.

√ Bersantai

Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan. Pijat merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Selain itu, tertawa juga merupakan cara terbaik untuk menghapus stres. Untuk bisa tertawa atau bersantai, Bunda bisa menonton film-film komedi, bertemu teman-teman lama, memanjakan diri melalui perawatan kecantikan, dan lain sebagainya.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengusir kecemasan saat hamil. Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan baik itu kesehatan pada ibu hamil, anak-anak, dll semuanya ada dalam website ini. Jadi silahkan anda simpan link berikut ini http://obatherbalagarcepathamil.com/, baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil