Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Kenali tanda-tanda gerakan janin menjelang persalinan untuk mempersiapkan anda menjelang kelahiran bayi anda.

Tanda-tanda gerakan janin menjelang persalinan -, Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal. Pada kesempatan kali ini kami akan mengutip informasi seputar kesehatan mengenai “tanda-tanda gerakan janin menjelang persalinan”. Informasi berikut ini perlu anda simak untuk anda yang sedang hamil. Simak sampai tuntas ulasan berikut untuk mengetahui lebih lengkapnya tanda gerakan janin menjelang persalinan!.

Melahirkan merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Sebelum memasuki tahap tersebut, Anda akan mengalami tanda-tanda melahirkan. Tidak semua wanita mengalami tanda-tanda melahirkan yang sama. Namun, untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan sangat penting bagi para ibu, terutama yang berencana melahirkan secara normal. Berbeda Jika Anda berencana melahirkan dengan bantuan operasi caesar, yang mana Anda bisa melahirkan bayi Anda kapan pun selama fisiknya sudah cukup untuk dilahirkan.

Inilah Seputar Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang PersalinanPada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan minggu ke 41, meskipun demikian persiapan harus dapat anda lakukan jauh-jauh hari. Hal ini berhubungan dengan kondisi kelahiran bayi setiap ibu hamil berbeda-beda, salah satu faktornya dapat dikarenakan penanganan segera oleh ahli medis dikarenakan adanya kelainan yang ditemukan pada ibu hamil dan janin, atau persalinan prematur. Kenali tanda gerakan janin anda menjelang persalinan untuk mempersiapkan anda menjelang kelahiran bayi anda. Pada usia kehamilan 36 minggu janin anda sudah memiliki ukuran dan kematangan yang siap dilahirkan. Organ tubuhnya telah terbentuk dengan sempurna, diantaranya adalah ginjal, paru paru dan hati, hati yang dimiliki bayi anda diusia 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan kesiapan organ yang dimiliki oleh bayi, maka kehamilan anda tengah memasuki minggu persiapan dalam menjelang persalinan.

Proses persalinan merujuk pada arti proses keluarnya bayi dari dalam rahim Ibu ke dunia luar. Tentunya peristiwa tersebut dicetuskan oleh beberapa hal, seperti misalnya perubahan hormon dan insting sang bayi yang semakin turun ke jalan lahir untuk dapat dikeluarkan dari tubuh ibu. Mengenal tanda-tanda akan melahirkan akan sangat membantu Ibu mempersiapkan tubuh dan mental untuk menghadapi proses persalinan. Inilah tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan yang harus Ibu ketahui:

  • Janin Turun Ke Ruang Panggul

    Tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan yang paling awal muncul biasanya adalah janin yang turun ke ruang panggul, terutama bagi Ibu yang mengandung anak pertama. Bahkan, turunnya janin ke ruang panggul dapat terjadi 2 minggu sebelum waktu persalinan tiba. Namun bagi sebagian ibu, terutama mereka yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, janin baru akan turun saat 3-4 hari menjelang persalinan. Anda dapat merasakan baha janin Anda kini sudah turun bahkan menyentuh tulang panggul Anda. Perut Anda pun akan semakin terlihat mengecil dan puncak perut Anda kini tidak lagi menyentuh payudara Anda.

  • Frekuensi Berkemih yang Meningkat

    Semakin tua umur kehamilan, maka semakin besar pula janin yang Anda kandung. Janin yang semakin besar akan menekan kandung kemih yang berada di perut Anda sehingga memberikan efek yang kurang enak, yaitu ibu hamil akan semakin sering merasa ingin berkemih meski air urin yang dikeluarkan hanya sedikit. Jangan pernah menahan keingin berkemih ini, namun ikutilah dorongan tersebut agar ibu terhindar dari kondisi infeksi pada saluran kemih.

  • Merasa Bersemangat dan Bertenaga

    Tidak seperti masa-masa kehamilan muda, Anda merasa mempunyai semangat yang lebih berapi-api dan tenanga yang banyak dan menuntuk untuk dipakai. Berkebalikan dari hasrat ingin tidur siang setiap siang, menjelang akhir kehamilan, Anda biasanya akan mempunyai semangat dan ide-ode yang menuntut harus dilakukan. Ini adalah salah satu tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan yang sering dirasakan ibu hamil. Perubahan ini dipengaruhi oleh perubahan kadar dan komposisi hormon dalam tubuh ibu. Ingatlah untuk tetap menyimpan sebgian energi Anda untuk menghadapi saat persalinan nanti.

  • Nyeri Punggung dan Pinggang

    Menjelang waktu persalinan, janin akan turun semakin bawah ke panggul Anda. Ini akan menyebabkan terjadinya tanda-tanda seminggu sebelum  melahirkan berupa nyeri pada punggung bawah, pinggang bahkan pada daerah panggul Anda. Kepala atau bagian terbawah janin di dalam rahim Anda akan menekan otot di sekitar punggung, otot pinggang dan otot yang membentuk lantai dasar panggul Anda. Mungkin Anda akan merasa nyeri atau merasa tidak nyaman pada daerah-daerah tersebut.

  • Kontraksi Palsu yang Semakin Kuat

    Salah satu tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan yang biasa terjadi ialah munculnya sensasi kontraksi palsu yang dikenal dengan nama Braxton-Hicks. Kontraksi palsu ini muncul dengan tujuan ‘pemanasan’ sebelum munculnya kontraksi persalinan yang sesungguhnya. Kontraksi palsu ini juga berfungsi untuk menipiskan serviks rahim. Salah satu hal yang membedakan kontraksi palsu dengan kontraksi persalinan yang asli adalah sfifatnya yang hilang saat Ibu hamil berjalan atau juga merubah posisinya.

  • Diare

    Perubahan jumlah dan komposisi hormon menjelang akhir kehamilan dapat mempengaruhi sistem tubuh dalam banyak hal. Sala satunya ialah menimbulkan keadaan diare. Saluran pencernaan akan dipengaruhi sehingga menjadi sering terasa kram karena usus akan bekerja lebih cepat. Alasan dibalik ini adalah mengosongkan isi perut sehingga memberikan banyak ruang untuk bayi yang sedang ibu kandung. Selain diare, hormon ini juga dapat membuat ibu merasa mual.

  • Bloody Show

    Menjelang persalinan, Ibu hamil akan mengalami bloody show, atau keluarnya lendir bercampur darah dari jalan lahir. Memasuki usia tua kehamilan, kepala janin akan turun ke ruang panggul. Selain itu,serviks rahim pun akan mengalami penipisan. Dua hal ini akan menyebabkan ‘lepasnya’ sumbat lendir di pintu rahim. Lepasnya sumbatan lendir ini akan turun ke jalan lahir diikuti oleh sedikit darah. Konsistensi lendir dapat bermacam-macam, mulai dari sangat kental, tebal bahkan kenyal. Darah yang keluar tidak sedegar dan sebanyak darah saat menstruasi. Bloody show biasanya merupakan tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan, namun dapat pula menandakan persalinan akan terjadi dalam beberapa hari atau 2 minggu. Namun bila darah yang keluar cukup banyak dan berwarna merah segar, segera konsultasikan keadaan ini ke dokter kandungan.

  • Kontraksi Persalinan

    Salah satu dari tanda-tanda akan melahirkan yang sangat pasti ialah terjadinya kontraksi persalinan. Tanda yang satu ini adalah salah satu tanda yang harus Anda pahami, karena inilah saat Anda akan melahirkan. Kontraksi persalinan berbeda dengan kontraksi Braxton Hicks yang menghilang dengan seiringnya waktu berjalan. Beberapa ciri kontraksi persalinan yang harus Anda kenali adalah: kontraksi yang konsisten, biasanya diawali dengan satu kontraksi per 20 atau 30 menit, lalu semakin lama kontraksi akan semakin kuat dan interval antar kontraksi akan semakin memendek. Kontraksi dapat dirasakan sebagi sensasi kram yang dirasakan di perut atau di pinggang. Kontraksi juga tidak akan menghilang ketika Anda merubah posisi atau berjalan-jalan.

Tips Mendekati Masa Persalinan

Umumnya proses melahirkan terjadi pada usia hamil 9 bulan atau 40 minggu. Pada usia tersebut fisik bayi telah siap untuk menjalani kehidupan di luar rahim Anda. Namun tidak semua wanita melahirkan pada kisaran waktu tersebut.

Jika Anda sudah memasuki bulan ke-9 kehamilan, sebaiknya Anda telah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan selama persalinan. Jadi jika air ketuban telah pecah atau terjadi kontraksi, Anda bisa langsung membawa perlengkapan tersebut, lalu bergegas ke rumah sakit.

Perlengkapan yang perlu Anda bawa meliputi:

  1. Tas berisi pakaian dan peralatan mandi.
  2. Perlengkapan bayi.
  3. Makanan ringan.
  4. Buku, majalah atau barang apa pun yang bisa menemani Anda menunggu persalinan.
  5. Bantal dan selimut yang nyaman.
  6. Jika Anda ingin mengabadikan momen bahagia ini, Anda bisa juga menyiapkan kamera video dengan baterai yang telah terisi penuh beserta charger.
  7. Simpan barang-barang tersebut di satu tempat yang mudah dijangkau saat kondisi darurat.

Selain perlengkapan, Anda juga sudah harus memastikan siapa yang akan mendampingi Anda selama persalinan. Anda bisa memilih suami, ibu, atau menyewa doula. Doula adalah seorang tenaga terlatih yang biasa membantu para wanita saat bersalin. Pastikan mereka siap menemani Anda saat persalinan dimulai.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai tanda-tanda gerakan janin menjelang persalinan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga artikel lainnya : Kebiasaan dan Gaya Hidup Penyebab Penyakit

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan