Kebiasaan dan Gaya Hidup Penyebab Penyakit

Jika selama ini anda sering mengalami sakit-sakitan, alasan sederhananya sudah pasti dipicu dari kebiasaan dan gaya hidup penyebab penyakit.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi kesehatan yang akan meliputi kebiasaan dan gaya hidup penyebab penyakit.

Kebiasaan dan gaya hidup penyebab penyakit | Banyak sekali tempat berolahraga (fitness center) yang menjamur di Indonesia; belum lagi pusat-pusat layanan kesehatan yang kini dapat ditemui hampir di setiap sudut kota, mengikuti program yang disarankan oleh WHO. Ketersediaan informasi mengenai kesehatan dan kebugaran tubuh dapat di akses di manapun dan dari manapun, semua gratis! Pengetahuan mengenai bagaimana cara hidup sehat seperti jenis makanan yang baik dan buruk, olahraga, pola makan, pola kerja, penyakit, pengobatan dan berbagai informasi lainnya hadir di berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun internet.

Tapi, penelitian menyebutkan bahwa penyakit kronis lebih sering disebabkan oleh satu hal yang kadang luput dari perhatian kita: Gaya Hidup. Perkiraan sekitar 80% penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2, dan 40% penyakit kanker sebenarnya bisa dihindari apabila faktor-faktor riskan yang disebabkan oleh gaya hidup dieliminasi sedemikian rupa. Akan tetapi, sebagian besar dari kita masih dan terus mengalami penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tersebut. Ini artinya, masih ada yang salah dengan kualitas, pola, dan gaya hidup kita.

Inilah Kebiasaan dan Gaya Hidup Penyebab penyakit Yang Perlu Anda Ketahui

Disini, akan banyak informasi tentang kehidupan sehari-hari yang tidak anda sadari, bahwa aktifitas yang anda lakukan termasuk dalam kategori gaya hidup tidak sehat. Jangan-jangan selama ini sejak ada bangun dari tempat tidur,anda sudah melakukan banyak kesalahan . Ketika anda hendak tidur, anda telah melakukan kesalahan yang mempengaruhi nasib kesehatan anda nantinya. Berikut ini kebiasaan dan gaya hidup penyebab penyakit yang perlu anda ketahui sejak dini :

Pola Makan dan Jenis Makanan
Banyak orang sekarang menjalani gaya hidup tidak sehat. Untuk menghemat waktu, kita cenderung menyukai makanan siap saji atau instan. Makanan siap saji juga identik dengan waktu makan yang cepat, untuk menghemat proses masak sekaligus proses makan. Yah, Kita bisa bilang, “kerja untuk hidup” atau “waktu adalah uang”. Sebagai bangsa Asia, kita dimanjakan oleh berbagai jenis makanan yang kemudian memiliki kemasan modern sebagai “makanan siap saji”, sebut saja mi instan, dan sekarang ada pula “bubur instan”. Belum lagi jenis-jenis makanan lain yang mengandung kalori tinggi berasal dari lemak hewani, daging, dan roti-rotian. Makanan berlemak tinggi dan bervitamin rendah justru “menginjeksikan” racun ke dalam tubuh kita, dan bukannya nutrisi yang semestinya sangat dibutuhkan.  Pada akhirnya kita cenderung rentan dan mudah sekali mengalami serangan jantung, obesitas, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Aktivitas Harian
Penelitian menunjukkan sekitar 14% sampai 20% kanker yang menyebabkan kematian berkaitan dengan kelebihan berat badan dan obesitas, yang biasanya diakibatkan oleh kurangnya aktivitas tubuh. Kita harus tetap aktif untuk membakar lemak dan kalori, meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sekarang ini, banyak orang cenderung menghabiskan waktu dengan bermain game atau browsing, bertelepon, menonton tv dan film dibanding berolahraga atau aktivitas lain yang membutuhkan gerak tubuh maksimal. Tingkat aktivitas tubuh yang rendah ditambah dengan konsumsi kalori yang tinggi menyebabkan berbagai resiko kesehatan kompleks seperti berat badan berlebih, resiko penyakit kardiovaskular, hingga kematian prematur (termasuk di antaranya karena penyakit jantung, diabetes, dan kanker).  Studi juga menyebutkan gaya hidup dan rutinitas yang buruk dapat mempercepat proses penuaan (penuaan dini).

Minum Alkohol
Di Dalam Agama Islam di surat Al Baqarah, ayat 219  yang berbunyi “Mereka bertanya tentang Khamar dan Judi, Katakanlah, pada keduanya ada bahaya yang besar dan pula manfaatnya pada manusia, dan bahanya lebih besar daripada manfaatnya “.

Dari bunyi ayat di atas, dapat diketahui bahwasannya Minum Khamar, atau Minuman Keras seperti Alkohol lebih banyak Bahayanya daripada manfaatnya. Ketika saya membaca tentang pengetahuan ini, diketahui oleh para ahli, bahwa sebenarnya alkohol dapat menimbulkan kerusakan pada seluruh bagian tubuh manusia , seperti system syaraf,pembuluh darah, jantung, hati dan saluran pencernaan, dll. Dikarenakan dalam akohol sendiri ada zat Adiktif yang cukup berbahaya yang seharusnya tidak boleh di konsumsi oleh manusia dan dikarenakan zat ini menyebabkan ketergantungan.

Stress Akut
Sekarang, stress dikenal sebagai pemicu kematian. Jumlah orang-orang yang menderita tekanan (stress) psikologis baik dari kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa meningkat. Perlu diketahui pula bahwa stress merupakan salah satu penyebab penyakit Alzheimer, penuaan dini, darah tinggi, penyalahgunaan obat-obatan, serta gangguan pola tidur dan makan. Seseorang yang mengalami stress akut cenderung rentan terhadap penyakit, sebab stress akut menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Itulah mengapa gaya hidup yang sehat, pola hubungan dengan orang sekitar yang baik, menghindari alkohol dan drugs, mendekatkan diri pada Tuhan dan mempertebal iman adalah jalan utama menghindari stress akut yang dapat merenggut kesehatan anda dan membawa pada penyakit jangka panjang serta kematian dini. Menciptakan kebahagiaan lahir dan batin menghindarkan anda dari berbagai stress.

Sering Bangun Tidur Tiba-Tiba
Dalam hal ini, kenapa bangun tidur yang tiba-tiba menjadi gaya hidup tidak sehat. Hal ini pernah saya alami sendiri, ketika saya tidur terlelap, tiba-tiba ibu saya membangunkan saya dengan membuka pintu. Seketika itu, saya terbangun dan langsung berdiri kemudian turun tangga. Akan tetapi, ketika saya posisi berdiri waktu itu kepala saya terasa pusing dan berkunang-kunang.

Mengapa Berbahaya ?

Ketika saya cari informasi terkait hal ini, dijelaskan bahwa sebenarnya Ketika kita dalam kondisi terjaga / beraktifitas, otot manusia mengalami kontraksi (ketegangan). Tetapi ketika tidur, otot-otot kita mengendur & beristirahat, salah satunya terjadi pada otot leher. Waktu kita terbangun, otot leher tegang karena harus menahan kepala yang berat, akan tetapi pada waktu kita tidur otot leher tidak bekerja untuk menopang kepala, dan mengendurkan otot yang tegang. Maka dari itu, Ketika kita tertidur lelap dan tiba-tiba terbangun, tak jarang kita merasakan pusing dan bingung akan arah. Sebenarnya, kita disini belum terbangun sepenuhnya.

Kondisi seperti ini adalah Kondisi fisik yang sudah bangun, sedangkan kondisi otak belum bangun. Pada kondisi ini, otak kita belum siap menerima dengan benar perintah dari seluruh organ di tubuh kita. Jika hal ini terjadi berulang-ulang, akan tidak baik bagi fungsi kinerja otak sendiri .

Tips Pencegahan :

-Tidur yang cukup minimal 6-8 jam untuk dewasa
-Jangan tidur terlalu larut
-Tidak memakai alarm
-Olahraga cukup
-Konsumsi makanan kaya serat.

Jarang Olahraga
Sebenarnya, mungkin dari kita para mahasiswa yang seringkali tertuntut dengan kesibukan yang cukup padat sangat jarang sekali untuk melakukan olahraga. Padahal jika kita ketahui lebih lanjut, banyak hal yang terjadi ketika seseorang jarang Berolahraga. Dalam artikel yang saya baca malas berolahraga menyebabkan mudah capek, sulit tidur, menurunkan energy dalam tubuh, menurunkan imunitas dan daya tubuh seseorang. Dan seringkali ketika seseorang jarang olahraga, rawan sekali terkena penyakit. Kalian sebagai mahasiswa, pilih berolaraga ataukah pilih sakit, tinggal dipilih saja.

Sering Bangun Kesiangan
Hal ini juga pernah saya alami, ketika hari libur saya seringkali memanjakan diri di atas tempat tidur. Artinya, saya masih dalam kondisi tidur. Akan tetapi ketika saya bangun saya seringkali merasa lesu serta pusing. Ketika saya mencari informasi tentang ini, ternyata ada penelitian yang menjelaskan bahwa bangun Kesiangan merupakan Kebiasaan buruk yang tidak baik sekali, dan fisik cenderung mudah terserang penyakit, salah satunya Kanker Hati.

Mengapa Berbahaya ?

Hal ini dikarenakan, ketika bangun kesiangan, kita tidak BAB di pagi hari, melewatkan makan pagi, Padahal pukul 5:00 s/d 07:00 a.m adalah waktu bagi tubuh untuk membersihkan tubuh dari segala macam kotoran dan racun yang tidak sengaja masuk di dalam tubuh atau biasa disebut de-toxin. Sehingga, dari sini ketika kita bangun kesiangan kita membiarkan berbagai macam kotoran, racun yang itu tetap bersarang di tubuh kita. Sehingga hal inilah yang menyebabkan kita mudah terkena penyakit.

Tidak Sarapan Pagi
Berdasarkan laporan Centers for Disease Control diketahui anak-anak sekolah yang tidak sarapan mengalami penurunan kemampuan untuk memecahkan masalah di usia sekolah. Sedangkan siswa yang rutin sarapan mendapatkan nilai tinggi dalam skor tes standat. Dan selain tiu, lebih tepat waktu masuk sekolah, dan jarang absen. Hal ini sebenarnya, cukup menjelaskan tidak sarapan pagi termasuk gaya hidup yang kurang sehat bagi kelangsungan aktifitas kita sehari-hari.

Kurang Minum Air Putih
Dalam data internet yang saya baca , menjelaskan bahwa Ketika seseorang tidak membiasakan diri untuk meminum air putih, akan mempengaruhi kesehatan individu tersebut , diantaranya :

-Menggangu Fungsi Otak,
-Infeksi Kandung Kemih,
-Kulit tampak Kusam
-Membahayakan Ginjal
-Gangguan Kesehatan lainnya .

Kenapa , kurang minum air putih menjadi salah satu gaya hidup yang kurang sehat, hal ini dikarenakan hakekat manusia itu sendiri terdiri dari 60% kandungan air. Minum air putih 6-8 gelas/hari menjadi keharusan.

Manfaat Air Putih

fungsi air dalam tubuh manusia itu cukup banyak, diantaranya :

-Menjaga kesegaran tubuh,
-membantu kelancaran sistem pencernaan
-mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat keringat dan urine.
-Selain itu juga berfungsi sebagai pelarut,
-pengatur suhu tubuh,
-katalisator,
-serta sebagai penyedia elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh

Jumlah yang disarankan : Adalah 2 liter untuk orang dewasa.

Makan Mie Instan Berlebihan
Seringkali kita anak kost yang sibuk dengan tugas-tugas kuliah, tidak sempat pergi keluar dan memasak sendiri, lebih memilih untuk memakan mie instan tiap harinya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bahaya makan mie Instan disini banyak mengandung zat-zat yang cukup berbahaya bagi kondisi fisik kita. Salah satunya, mengandung Natrium, Berdasarkan hasil penelitian, di dalam mie instan ternyata terkandung zat natrium (Na) yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Yang mana zat ini penyebab terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan maag apabila di konsumsi terlalu banyak dan sering. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang ada di dalam bumbu memiliki sifat menetralkan lambung, sehingga menyebabkan lambung akan mensekresi asam dalam jumlah yang besar agar makanan khususnya mie instan tadi dapat dircerna dengan baik. Namun, karena terlalu banyaknya kandungan natrium yang keluar, kadar asam lambung akan mengalami peningkatan, sehingga dengan meningkatnya kadar asam lambung ini akan terjadi pengikisan pada dinding lambung. Kondisi inilah yang akan mengakibatkan tekanan darah dalam tubuh kita naik atau meningkat.

Sering Minum Kopi
Dalam artikel yang saya baca, bahwa kandungan Kopi bersifat mencandu. Dalam Kopi sendiri terdapat zat kafein, dimana mempengaruhi system kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantuk dan tekanan darah. Dampak seperti ini akan teradi ketika kita mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Meminum kopi dengan intensitas yang cukup tinggi, akan menyebabkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Jika kita berusaha menghilangkan kantuk dengan meminum kopi, lebih baik di sebar secara baik sepanjang hari, dan tidak terlalu berlebihan. Bahaya kopi tidak boleh kita abaikan.

Konsumsi Narkoba
Siapa yang tidak kenak dengan bahaya narkoba bagi seseorang ? Apapun jenis narkoba yang dikonsumsi pasti membawa efek mematikan yang tidak dapat di hindari secara langsung maupun tidak langsung.

Efek yang ditimbulkan :

-Ketagihan,
-Hilang kesadaran
-Kematian

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai kebiasaan dan gaya hidup penyebab penyakit. Jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat maka hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti yang telah kami kutip diatas. Selain itu juga, anda mesti mengutamakan untuk menghindari bentuk yang dilarang oleh agama islam seperti alkohol ataupun sejenis minuman yang dapat memabukan, narkoba,dll. Karena selain dilarang oleh agama, alkohol dan narkoba itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, sayangi tubuh anda sejak dini dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

Kebiasaan dan Gaya Hidup Penyebab Penyakit