Manfaat Sehat Blewah Untuk Tubuh Manusia

Blewah selalu jadi primadona di bulan puasa. Selain menyegarkan, blewah juga memberi banyak manfaat sehat blewah untuk tubuh manusia.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan posting manfaat sehat blewah untuk tubuh manusia. Untuk anda yang menyukai buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang selalu jadi primadona dibulan puasa ini yakni buah blewah. Nah, beruntung sekali jika anda sering mengkonsumsi buah blewah ini, dikarenakan artikel sederhana ini akan mengutip seputar berbagai manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin. Simak artikel tentang manfaat sehat blewah untuk tubuh manusia ini sampai dengan tuntas.

Manfaat sehat blewah untuk tubuh manusia | Buah blewah mungkin masih terdengar asing ditelinga sebagian masyarakat kita. Karena memang buah ini tidak sepopuler buah semangka, buah melon, buah manggis, atau buah strawberry. Namun, kalau soal khasiatnya, buah ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, berbagai jenis penyakit bisa diobati dan disembuhkan oleh buah yang satu ini.

Ada banyak sekali khasiat buah blewah untuk kesehatan, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Buah ini biasanya dijadikan minuman yang menyegarkan, dan sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Namun juga bisa anda jadikan sebagai minuman penyegar pada hari-hari biasa. Buah ini mirip sekali dengan melon atau labu. Sebelum membahas khasiat buah blewah untuk tubuh, ada baiknya bagi anda yang sama sekali tidak mengenal buah blewah simak ulasan berikut mengenai buah blewah!

Informasi Tentang Buah Blewah

Manfaat Sehat Blewah Untuk Tubuh ManusiaBlewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Kandungan di dalam Buah Blewah

Komposisi manfaat buah blewah sendiri begitu banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui memiliki mineral dan vitamin serta serat makanan yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dari The Journal of Food Science meneliti bahwa, 100 gram blewah rata-rata mengandung :

  • Vitamin A – 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A)
  • Vitamin C – 36,7 mg (mencukupi 61% kebutuhan harian vitamin C)
  • Mineral Kalium – 267 mg (mencukupi 8% kebutuhan harian kalium)
  • Folat – sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% kebutuhan harian akan folat)
  • Magnesium – 12,69 mg
  • Mangan – 0,03 mg
  • Tembaga – 0,05 mg
  • Seng – 0,10 mg
  • Kobalt – 0,003 mg
  • Krom – 0,005 mg

Berikut Inilah Manfaat Sehat Blewah Untuk Tubuh Manusia

  • Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah blewah yang memiliki vitamin C tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pembuluhdarah. RDA (Recommended Dietary Allowance) sendiri menyarankan kita agar mengkonsumsi betakaroten, sekitar5-6mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah ini, secara teratur sehingga jantung tetap sehat.

  • Mencegah Resiko Kanker

Jika kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti betakaroten, vitamin C dan asam folat, maka dapat beresiko terkenan kanker rahim. Namun jika mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan dapat dicegah sebab buah blewah memiliki 3 nutrisi penting tersebut.

  • Mengatasi Insomnia

Buah blewah memiliki sifat sedatif yang mana sifat ini sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Sifat sedatif ini sama halnya dengan obat tidur. Jadi bagi penderita insomnia, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi blewah agar mampu menangkal insomnianya tersebut. Selain itu, manfaat coklat juga memberikan efek ketenangan yang akan memudahkan tidur.

  • Mengatasi Maag

Mengkonsumsi buah blewah secara teratur dapat mengatasi kurang nafsu makan dan maag. Apalagi jika disajikan dalam wujud jus, maka maag akan lebih mudah teratasi karena menjadi lebih mudah dicerna.

  • Memelihara Kesehatan Kulit

Kombinasi vitamin A dan C yang yang terdapat pada buah blewah, maka buah ini memiliki kemampuan untuk memelihara kesehatan kulit bahkan mampu mencegah penuaan dini. Apalagi vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pemah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan manfaat vitamin E ini, sangat dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

  • Menyehatkan Janin

Manfaat buah blewah mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin sehat. Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah ini, membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

  • Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Sebab, buah blewah memiliki kandungan vitamin A dan serat makanan dalam buah tersebut.

  • Menurunkan Berat Badan

Blewah mampu menurunkan berat badan, sebab buah blewah memiliki kandungan yang rendah gula dan kalori. Oleh karena itu buah blewah baik jika dikonsumsi saat menjalani program diet, yang sekaligus mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium, manfaat vitamin C dan potasium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah, disamping juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Oleh karena itu, blewah ini sangat aman bagi penderita yang memiliki masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

  • Menurunkan Kolesterol

Tingginya vitamin C dalam manfaat buah blewah ini mampu menurunkan kolesterol buruk di dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C ini juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan dapat menguatkan dinding kapiler.

Khasiat Buah Blewah Untuk Ibu Hamil

Dalam hal ini, ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih makanannya. Manfaat blewah bagi ibu hamil juga baik untuk dikonsumsi, karena :

1. Banyak mengandung asam folat

Manfaat asam folat bagi ibu hamil merupakan salah satu vitamin yang begitu diperlukan ketika hamil. Mengkonsumsi asam folat membantu ibu dalam menghindari resiko cacat kelahiran. Selain itu, asam folat juga berperan dalam memproduksi sel-sel baru serta menjaga kesehatan ibu dan janin. Bukan hanya itu, asam folat juga berperan dalam mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Adapun manfaat asam folat secara umum bagi ibu hamil yaitu:

  • Membantu memproduksi eritrosit yang berperan dalam pembentukan sumsum otak tulang belakang dan perkembangan otak bayi
  • Mengurangi resiko keguguran
  • Meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari anemia, rasa lelah, muda terserang sakit, dan lain-lain.
  • Mencegah terjadinya kerusakan otak pada bayi
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung
  • Mencegah depresi, stres, dan rasa cemas yang berlebihan pada ibu hamil
  • Baik bagi pertumbungan bayi
  • Membantu pembuatan jaringan tubuh bayi

Dengan beragam manfaat asam folat untuk ibu hamil di atas, tentu mencukupi vitamin yang satu ini merupakan keharusan. Selain pada blewah, asam folat juga dapat ditemukan pada jenis buah serta sayuran lain seperti sayur bayam, alpukat, tauge, pisang, melon dan lain sebagainya.

2. Mengurangi resiko terkena anemia

Bagi seorang ibu hamil, anemia dapat menyebabkan rasa lemas dan mudah lelah sehingga tidak bagus untuk kesehatannya sehari-hari.  Vitamin C yang terkandung dalam buah blewah mampu membantu penyerapan manfaat zat besi untuk ibu hamil dalam tubuh, sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

3. Antioksidan yang baik bagi tubuh

Blewah mengandung vitamin A serta beta karoten yang dapat mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh. Selain menyebabkan penyakit, radikal bebas juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini serta beresiko terjangkitnya kanker. Selain itu, blewah juga mengandung banyak vitamin C yang dapat diandalkan sebagai antibodi bagi tubuh dan dapat pula digunakan untuk melawan tumbuhnya bibit kanker di dalam tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi ketika kehamilan menjadi masalah yang cukup serius. Manfaat blewah bagi ibu hamil memiliki kandungan potasium yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta mengendalikannya. Tidak heran jika buah yang bentuknya mirip dengan melon ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit hipertensi.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi buah blewah adalah dengan cara memotong-motongnya terlebih dahulu. Mengabaikan tindakan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Blewah yang tidak diopotong dan dicuci hingga bersih maka bakteri Salmonella tipe Poona dan Saphra dapat membuat seseorang terkena gangguan pencernaan.

Untuk anda yang tidak suka dengan buah blewah ini namun setelah anda mengetahui berbagai manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh, sebaiknya mulai sekarang konsumsi secara rutin buah blewah untuk mencegah penyakit atau sebagai obat penyakit yang anda derita. Terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Manfaat Sehat Blewah Untuk Tubuh Manusia