Manfaat Biji Buah Delima Untuk Kesehatan

Manfaat biji buah delima untuk kesehatan yang sangat kaya akan minyak alami,bahkan kandungan minyak biji delima mencapai 20% dari berat total biji delima.

Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai manfaat biji buah delima untuk kesehatan.

Manfaat biji buah delima untuk tubuh | Aneka manfaat biji buah delima dengan manfaat buah delima bagi kesehatan yang sarat akan nutrisi ini memiliki banyak khasiat. Selain warna buahnya yang menarik, buah delima juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat biji buah delima bagi kesehatan Kita?. Delima merah dengan nama latin Punica Granatum atau sering disebut Red Pomegranate, memiliki julukan “super fruit” oleh para peneliti ilmiah. Manfaat biji buah delima bagi kesehatan tubuh Anda yang kaya antioksidan ini sangat banyak sekali bagi kesehatan dan kecantikan.

Sekilas Informasi Tentang Buah Delima Serta Manfaat Biji Buah Delima Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Buah Delima Untuk KesehatanBuah delima memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Namun banyak orang hanya menjadikan buah delima sebagai tanaman hiasan di halaman rumah saja, tanpa mau memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalamnya. buah delima yang sudah matang sering kali dibiarkan begitu saja jatuh di tanah dan menjadi sampah. Padahal, buah delima memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Biji buah delima sangat kaya akan minyak alami, bahkan kandungan minyak dalam biji delima dapat mencapai 20% dari berat total biji delima. kandungan terbesar dari minyak biji delima ini adalah asam linoleat dan asam lemak omega-3. Selain minyak alami, komposisi biji delima lainnya terdiri dari protein, serat kasar, vitamin, mineral, dan senyawa polifenol.

Kemalasan seseorang untuk mengonsusmsi ataupun memanfaatkan buah delima mungkin dipicu juga sulitnya mengeluarkan isi buah delima yang berupa biji-bijian berwarna merah itu dari cangkang buahnya.

Sebenarnya, buah delima bisa dikeluarkan tanpa alat khusus. Untuk mengeluarkan isi dari buah delima, memiliki cara tersendiri. Caranya, belah buah delima menjadi dua bagian. Setelah buah delima dibelah menjadi dua, ambil sebuah sendok makan dan siapkan priring atau mangkuk untuk wadahnya nanti. Ambil buah delima yang sudah dibelah tadi, posisikan di atas wadah dengan punggung buah berada di atas. Selanjutnya, gunakan sendok makan untuk memukul-mukul punggung buah delima sampai isi buah delima habis tak bersisa. Dengan cara seperti ini, isi dari buah delima akan keluar tanpa memerlukan waktu yang lama. Dan selanjutnya kamu bisa menikmati buah delima sesuai selera.

Buah delima bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung, atau dibuat menjadi jus. Cara membuat jus dari buah delima sama seperti membuat jus dari buah-buahan lain. Caranya, ambil isi atau biji buah delima, lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan sedikit es batu yang sebelumnya sudah dihancurkan. Kamu bisa tambahkan sedikit gula pasir atau sirup agar rasanya manis. Kemudian blender bahan-bahan tadi hingga tercampur rata. Bila kamu tidak suka teksturnya yang kasar saat diblender, kamu dapat menyaringnya terlebih dahulu. Tuangkan pada gelas dan siap untuk dihidangkan.

Setengah cangkir porsi biji delima beserta daging buah tipisnya diketahui dapat memberikan 72 kalori, 1,5 gr protein, 16 gr karbohidrat, 3,5 gr serat pangan, dan 0 gr lemak bagi tubuh. Selain itu, untuk porsi yang sama, biji dan daging buah tipis buah delima dapat memasok sekitar 16% vitamin K dan 10% vitamin C dari jumlah asupan harian yang disarankan bagi orang dewasa.

Kandungan nutrisi yang mampu diberikan oleh buah delima, memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat delima itu, diantaranya:

1. Perawatan Gigi

Salah satu manfaat terbaik dari buah delima adalah bahwajus delima memilikisifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

3. Stenosis arteri karotis

Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

4. Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

5. Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

6. Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

7. Mencegah Osteoarthritis

Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

8. Anti Penuaan

Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

9. Cocok Bagi Semua Jenis Kulit

Jus buah delima dapat bekerja dengan ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

10. Membantu Menyembuhkan Luka

Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.

Khasiat kulit delima

Jangan buang kulit delima, karena anda akan menyesal setelah tauh manfaat serta khasiatnya kulitnya, saran dari sehat pedia adalah kulit delima hendaknya dijemur kering tentunya setelah dibersihkan baru setelah itu direbus hingga warna air berubah menjadi kuning agak kecoklatan.

Rasa air rebusan kulit delima memang teramat pahit dan sangat tidak sedap berbeda dengan jus buah delima, tapi siapa sangka dari rasa kalat itu tersimpan khasiat alami yang sangat bermanfaat bagi kaum ibu-ibu terutama baru saja melahirkan. Diantara manfaat kulit delima ialah sangat membantu dalam menetralisir pendarahan pada wanita ketika/sesudah melahirkan atau mempercepat masa nifas. Manfaat lainnya masih untuk wanita yaitu menghilangkan keputihan serta bau sekitar kemaluan.

Baca juga : Berbagai Khasiat Bunga Sedap Malam

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Biji Buah Delima Untuk Kesehatan