Berbagai Khasiat Bunga Sedap Malam

Inilah Berbagai Khasiat Bunga Sedap Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui berbagai khasiat bunga sedap malam bagi kesehatan tubuh yang mana bunga sedap malam hanya dapat mekar di malam hari.

Selamat datang disalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpecaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini,kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yang akan meliputi berbagai khasiat bunga sedap malam bagi kesehatan.

Berbagai khasiat bunga sedap malam | Bunga Sedap Malam atau Polianthes tuberosa adalah nama salah satu bunga yang banyak sudah dikenal luas di Indonesia sebagai bunga potong dan penghasil parfum. Bunga Sedap Malam juga telah ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Jawa Timur mendampingi Bekisar sebagai Fauna Identitas Provinsinya. Bunga Sedap Malam sebenarnya bukan bunga asli Indonesia. Diperkirakan bunga ini berasal dari Meksiko dan telah diintroduksi ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia.

Disebut sebagai Bunga Sedap Malam lantaran bunga ini biasa mekar dan menebar aroma wangi pada malam hari. Selain disebut Sedap Malam, di Melayu bunga ini dikenal juga sebagai Sundal Malam. Tanaman ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Tuberose. Sedangkan dalam bahasa latin tanaman ini dinamai Polianthes tuberosa.

Ciri dan Diskripsi. Bunga Sedap Malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga Sedap Malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Berbagai Khasiat Bunga Sedap MalamDaun bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilat di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik berwarna kemerah-merahan. Daun dapat berukuran hingga sepanjang 60 cm.

Tangkai bunga muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Di setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung.

Mekarnya bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) tidak serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kumtum bunga di atasnya secara berurutan.

Bunga Sedap Malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora Identitas provinsi Jawa Timur ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.

Dalam tinjauan ilmiah, memang baru sedikit yang diungkapkan mengenai manfaat yang terkandung dalam bunga Sedap Malam. Adapun sifat dari bunga Sedap Malam, sebagaimana ditulis oleh Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang merupakan seorang pakar pengobatan tradisional dan tumbuh-tumbuhan berkhasiat ialah sejuk, manis, dan sedikit tawar. Tanaman ini mengandung khasiat untuk menurunkan panas dan juga menghilangkan bengkak.

Adapun bagian tanaman yang biasanya dipakai untuk obat ialah bunga dan juga akarnya. Kedua bagian tersebut bisa digunakan untuk pengobatan luar tubuh dan dalam. Dan berikut merupakan aneka resep bunga Sedap Malam yang disarankan untuk mengatasi berbagai penyakit menurut Prof. HM Hembing.

Apa saja manfaat dari bunga sedap malam? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Sebagai campuran pada makanan

Beberapa jenis sup memanfaatkan juga tanaman sedap malam untuk campuran masakannya. Sup yang memiliki kandungan sedap malam akan terasa lebih nikmat dan juga akan terasa lebih gurih dan wangi. Hal ini tentu saja akan menambah poin tersendiri bagi masakan yang memiliki kandungan sedap malam di dalamnya.

  • Campuran wewangian atau parfum

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki keharuman yani luar biasa, tidak kalah dengan keharuman melati. Karena itu, bunga sedap malam juga seringkali dibuat sebagai bahan wewangian atau parfum. Biasanya, bunga sedap malam dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya ayng dapat membantu meningkatkan keharuman, serta sering juga dibuat sebagai pengharum ruangan.

  • Membantu mengobati bisul dan bengkak

Ternyata bunga sedap malam juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan bisul dan pembengkakan. Yang anda butuhkan hanyalah bunga sedap malam dan juga akar dari bunga sedap malam tersebut. Berikut ini adalah langkah – langkah mengolahnya :

  1. Ambil bunga dan juga akar dari bunga sedap malam secukupnya
  2. Cuci kedua bahan tersebut hingga bersih
  3. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus
  4. Setelah halus, tempel dan kompres hasil tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami bisul dan pembengkakan
  • Meningkatkan stamina

Untuk meningkatkan stamina kita membutuhkan beberapa bahan pendudung lainnya, bunga sedap malam 50 kuntum, kacang kapri 50 gram, udang segar 100 gram, satu butir telur ayam, jahe 10 gram, dan bawah putih 2 siung. Caranya tumis semua bahan, saran gunakan minyak non kolestrol. konsumsi sebagai sayuran teman nasi

  • Obat influenza

Siapkan akar bunga sedap malam sebanyak 20 gram, jahe 15 gram, dan daun bawang 2 gram, semua bahan cuci sampai bersih kemudian rebus dengan 600 cc air bersih samapi mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, setelah dingin saring ambil airnya lalu minum dua kali sehari, dengan dosis sekali minum 150 cc.

  • Mengobati rematik

Siapkan akar bunga sedap malam 30 gram, jahe merah 20 gram dan gula merah secukupnya, rebus kesemua bahan diair 400 cc sampai mendidih, setelah dingin minum air ramuan dua kali sehari dengan dosis sekali minum 200 cc.

  • Mencegah terjadinya anemia

Manfaat lainnya dari bunga sedap malam adalah dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Dengan kata lain, bunga sedap malam dapat membantu anda meningkatkan kadar darah di dalam tubuh anda. Hal ini tentu saja dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh anda, dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Karena biasanya, mereka yang mengalami gangguan anemia, alias darah rendah akan merasakan gejala lemas, mudah merasa lelah, dan juga seringkali mudah terserang berbagai macam penyakit.

  • Mengobati katarak

Manfaat bunga sedap malam lainnya adalah dapat membantu menyembuhkan dan juga meredakan gejala – gejala dari katarak. Katarak merupakan salah satu gangguan kesehatan pada organ penglihatan, alias mata, yagn menyebabkan pandangan penderitanya menjadi berkabut. Untuk mengobati katarak dengan menggunakan bunga sedap malam, berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Ambillah kira – kira 30 hingga 50 kuntum bunga sedap malam
  2. Rebus ke-50 kuntum bunga sedap malam tersebut dengan air sebanyal 1.5 liter hingga mendidih
  3. Tunggu hingga airnya menjadi dingin dan bersuhu normal, setelah itu gunakan air tersebut untuk mengompres mata dan juga mencuci mata anda yang terserang katarak.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai khasiat bunga sedap malam. Ramuan-ramuan yang menggunakan bunga sedap malam tersebut bisa anda gunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagaimana dijelaskan di atas. Terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Mengenal Khasiat dan Manfaat Kina Bagi Kesehatan

Berbagai Khasiat Bunga Sedap Malam