Mengenal Khasiat dan Manfaat Kina Bagi Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat kina bagi kesehatan, walaupun tanaman kina sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai obat.

Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar mengenal khasiat dan manfaat kina bagi kesehatan.

Mengenal Khasiat dan Manfaat Kina Bagi Kesehatan-Nama latin : Cinchona Calisaya
-Nama lokal : Kina kalisaya
-Diskripsi Tanaman : Pohon kina ini kulitnya berasa pahit. Tanaman ini tergolong tanaman yang menyerbuk silang dan sangat hetezigot. Oleh karena itu hasil penyerbukan dengan bijinya sangat beragam. Tanaman kina kalisaya ini tumbuh liar dihutan basah dan hutan berlumut, di pegunungan Andes, pada ketinggian 1050 m – 1500 m diatas permukaan laut, terutama di Peru bagian selatan dan Bolivia. Tanaman herbal Kina ini tumbuh baik pada lereng gunung dengan curah hujan diatas 2000 mm setahun dan tersebar merata sepanjang tahun, dengan iklim yang lembab dan suhu antara 12 – 21 derajat celcius. Dari daerah asalnya dipegunungan Andes tanaman ini menyebar ke Indonesia dan India. Di pulau Jawa tanaman ini dibudidayakan didaerah pegunungan dengan ketinggian antara 800 – 1600 m diatas permukaan laut.

Ciri-ciri tanaman herbal Kina kalisaya :

-Kulit : Berasa pahit.
-Daun : letak daun berhadapan, bentuk bundar telur sungsang lonjong, panjang 8 – 15 cm dan lebar 3 – 6 cm. Permukaan bagian bawah berambut halus seperti beludru terutama pada daun yang masih muda, panjang tangkai 1 – 1,5 cm. Daun penumpu lebih panjang dari tangkai, bila sudah terbuka daun penumpu akan gugur.
-Bunga : Perbungaan malai, berambut halus seperti beludru, kelompok bunga-bunga mengumpul disetiap ujung perbungaan. Kelompok bunga berbentuk tabung dan bergigi dibagian atasnya. Bunga berbentuk bintang, berbau wangi, panjang tabung 9 mm. Helaian mahkota bagian dalam berwarna merah menyala, berambut rapat dan pendek. Panjang benang sari setengan dari bagian tabung bunga.
-Buah : berwarna kemerahan bila telah masak, berbentuk seperti telur.
-Biji : Berbentuk lanset ellips, panjang 4 mm dan bersayap.

Kandungan Zat berkhasiat pada tanaman herbal Kina : Tanaman herbal kina ini mengandung berbagai macam zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Adapun kandungannya adalah sebagai berikut : Alkaloida, Kinina, Kinidina, Sinkonina, Sinkonidina, Asam kinat, Asam kinatanat, Zat kina.

Tanaman kina sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai obat. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah kulit batangnya yaitu dapat berkhasiat sebagai obat malaria, penurun panas dan penambah nafsu makan.

Di Pulau Jawa ia tumbuh di daerah pegunungan setinggi 1.000 sampai 1.900 meter di atas muka laut. 2. Cinchona led geriana berasal dad Bolivia dan Peru. Di Pulau Jawa ia tumbuh di daerah pegunungan setinggi 8001.700 meter di atas muka laut. Cinchona calisaya asalnya dari Bolivia dan Peru juga dan ternpat tumbuhnya pun sama dengan suhu 1321 derajad celcius. Ciriciri pohon kina Tanaman kina dad jenis C. succirubra dapat mencapai ketinggian 17 meter. Sosok tanamannya berbentuk galah dan bersudut 4 pada ujungnya. Daunnya berbentuk elips atau bun dar berwarna hijau. Kelopak bunga berupa tabung bulat seperti bentuk gasing dan bergerigi. Bunganya cukup wangi dengan tangkai putik juga se perti galah. Buahnya bulat telur sampai gelondong. Kina jenis C. ledgeriana memi liki tanaman lebih pendek cuma 410 meter. Percabangannya bentuk segi empat dengan daun mirip C. succiruba. Daun mudanya berwarna keme rahan. Mahkota bunga kuning agak keputihan dan baunya sangat wangi dengan bentuk melengkung seperti menyanggul. Adapun buahnya berbentuk lanset sampai bulat telur dan berisi biji yang bentuknya pun lanset sampai lonjong. Ciri tanaman kina jenis C. calisaya pun tak jauh berbeda. Tanamannya dapat mencapai tinggi 10 meter.

Tumbuhan kina baik untuk mencegah serangan serangga dan jamur. Bagi anda yang ingin memanfaatkan kulit kayu kina ini untuk kecantikan, anda bisa merebusnya dengan air lalu airnya diminum bermanfaat mencegah serangan jamur pada kulit. Salah satu uji klinis, ternyata pohon kina ini bermanfaat juga buat hewan, sebagai obat-obatan darurat untuk hewan langkah yang berada di cagar alam. Perlunya pemerintah melestarikan budi daya alam terutama hutan agar tidak ada lagi sembarangan penebangan pohon liar.

Pohon kina saat ini susah di peroleh di pasaran karena begitu langkahnya. Anda hanya bisa memperolehnya dalam bentuk pengobatan herbal. Begitu banyak negara-negara, seperti  Afrika, Amerika dan Eropa, mengelola tumbuhan kulit kayu pohon kina menjadi pengobatan herbal dan diperdagangkan ke seluruh dunia. Benua Asia pun mengelola tumbuhan ini menjadi pengobatan herbal dan di perdagangan ke seluruh dunia.

Cara pengobatan: Untuk obat malaria dipakai 2 gram serbuk kulit batang Cinchona succirubra. Serbuk tersebut diseduh dengan satu gelas air matang panas, dan setelah dingin disaring. Hasil saringan tersebut sudah dapat langsung digunakan sebagai obat. Hasil saringan tersebut dibagi dua sama banyak, dan minumlah dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai mengenal khasiat dan manfaat buah kina bagi kesehatan. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua..

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Beragam Manfaat Ikan Dori Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat dan Manfaat Kina Bagi Kesehatan