10 Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi green world, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia.

10 khasiat buah blueberry untuk kesehatan | Apakah anda pernah mencicipi buah blueberry ?Jika anda mencobanya, seperti kebanyakan yang orang lakukan, maka anda akan segera menyukainya hanya dalam beberapa menit. Blueberry yang merupakan salah satu buah super yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Anda penasaran dengan khasiat luar biasa yang dihasilkan blueberry untuk kesehatan tubuh? Maka dari itu, simak sampai tuntas ulasan yang kami kutip mengenai “10 khasiat buah blueberry untuk kesehatan“.

Blueberry, buah kecil berwarna biru tua atau ungu itu mungkin kita tidak mengenalnya secara utuh ataupun dalam bentuk buah segar, karena blueberry tidak lazim dijumpai tumbuh di Indonesia. Kita mungkin sering mendengar nama blueberry dalam artikel-artikel kesehatan atau melihatnya dalam bentuk olahan, selai maupun makanan lain yang memiliki rasa blueberry.

Bagi yang banyak membaca artikel kesehatan, sepertinya blueberry merupakan buah wajib yang selalu dimasukkan dalam daftar buah berkhasiat, buah bermanfaat, atau buah ajaib di bidang kesehatan. Berbagai macam khasiatnya mulai membantu menyelesaikan masalah kulit sampai berperan sebagai super hero dalam melawan penyakit super killer, jantung dan kanker.

Sekilas Seputar Buah Blueberry

10 Khasiat Buah Blueberry Untuk KesehatanBlueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai “bluberry semak rendah” (sama dengan “liar”), dan spesies terbesar adalah “blueberry semak tinggi”. Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi “blueberry” dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti “blueberry” dalam bahasa Inggris.

Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Spesies :

Vaccinium angustifolium (Blueberry Semak Rendah)
Vaccinium boreale (Blueberry Utara)
Vaccinium caesariense (Blueberry New Jersey)
Vaccinium corymbosum (Blueberry Semak Tinggi Utara)
Vaccinium darrowii (Blueberry Semak Tinggi Selatan)
Vaccinium elliottii (Blueberry Elliott)
Vaccinium formosum (Blueberry Selatan)
Vaccinium fuscatum (Blueberry Semak Tinggi Hitam; sin. V. atrococcum)
Vaccinium hirsutum (Blueberry Berbulu)
Vaccinium myrtilloides (Blueberry Kanada)
Vaccinium pallidum (Blueberry Tanah Gersang)
Vaccinium simulatum (Blueberry Semak Tinggi Dataran Tinggi)
Vaccinium tenellum (Blueberry Selatan)
Vaccinium virgatum (Blueberry Mata Kelinci; sin. V. ashei)

Baca juga : Khasiat Brokoli Cegah Asam Lambung Dan Maag

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Blueberry kaya akan kandungan mangan yaitu sebesar 25%, dan vitamin K 32% untuk nilai DV-nya (daily value atau angka nutrisi yang dibutuhkan per harinya), sedang vitamin C sebesar 19%. Nilai DV di atas 20% dikategorikan sebagai high sources.

Selain itu blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro.

Manfaat dan Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh

-Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam blueberry akan mencegah efek penuaan dini, serta melindungi tubuh Anda dari penyakit seperti kanker dan jantung kronis. Antioksidan bermanfaat mencegah kerusakan sel dengan jalan menetralisir radikal bebas, dan membantu menjaga tubuh dari banyak penyakit. Buah ini juga bisa mencegah peradangan, yang dikenal sebagai penyebab penyakit terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan penyusutan otak. Termasuk didalamnya yang membatu untuk manfaat ini adalah kandungan serat dan vitamin E.

-Menyehatkan Otak

Blueberry merupakan makanan otak alami, serta bisa membantu mengembalikan kehilangan memori jangka pendek, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan. Antioksidan juga membantu kemampuan motorik.

-Meningkatkan fungsi pencernaan

Kehadiran tembaga, natrium, berbagai asam, fruktosa, dan vitamin dalam buah blueberry membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat yang hadir dalam blueberry membantu dalam mengurangi sembelit.

-Menjaga kondisi Penglihatan

Blueberry juga vitamin A dengan kadar yang cukup baik, dengan demikian bisa mencegah kebutaan karena usia tua. Menurut litertur, pada PD 2, Angkatan Udara Inggris disuruh untuk makan buah ini, yang dimaksudkan untuk meningkatkan penglihatan pada malam hari sehingga bisa cepat menyesuaikan mata dengan kegelapan.

-Mencegah Kanker

Selain kandungan anthocyanidin, blueberry juga mengandung antioksidan lain seperti antocyianin, resveratrol, flavonol dan tanin, yang membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi yang dilakukan dilaboratorium telah menemukan manfaat blueberry, yang salah satunya adalah bisa mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%. Buah ini terutama bagus dimasukkan untuk diet seorang wanita, yaitu untuk mencegah kanker ovarium yang hanya terjadi pada wanita.

-Meningkatkan daya tahan tubuh

Blueberry diketahui mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah segar lainnya. Antioksidan memiliki peran dalam membantu menguatkan sistem imun dengan menetralisir radikal bebas. Sebagian besar antioksidan dalam buah blueberry adalah antosianin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna biru blueberry.

-Menurunkan lemak berlebih

Bluberry juga mengandung polyphenol yang bermanfaat dalam menurunkan lemak berlebih di sekitar perut serta juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada metabolisme tubuh. Buah ini sangat cocok untuk menemani program diet yang sedang dilakukan karena kandungan kalorinya yang rendah.

-Diabetes

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat yang terdapat dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk memanajemen diabetes mellitus tipe 2.

-Manfaat kandungan vitamin B

Blueberry juga mengandung kelompok vitamin penting yaitu vitamin B kompleks, yang terdiri dari niacin, pyridoxine, folat dan asam pantotenat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

-Manfaat kandungan  mineral

Dalam hal mineral, blueberry menyediakan jumlah yang cukup baik dari kalium, mangan, tembaga, zat besi dan zinc. Kalium merupakan unsur penting dari sel dan cairan tubuh,  yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan dipergunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Semangkuk blueberry bisa memberikan tubuh kita hampir lima kali lebih banyak manfaat kesehatan daripada semangkuk apel. Mengkonsumsi banyak makanan yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran yang berwarna, adalah cara yang sehat untuk memanajemen berat badan, mengendalikan diabetes, serta mencegah kanker. Blueberry tinggi akan kandungan antioksidan namun rendah kalori, sehingga merupakan pilihan yang bagusi untuk hidup yang lebih sehat. Blueberry bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, setelah dicuci bersih. Bisa untuk salad, es krim, dsb. Jika habis diambil dari lemari pendingin, lebih enak jika dibiarkan dulu sebentar agar memiliki suhu ruangan.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai “10 khasiat buah blueberry untuk kesehatan:. Blueberry akan membuat tubuh Anda selalu merasa segar, aktif, fit, cerdas, serta dekat dengan alam dan selalu dalam mood yang baik, karena bluberri juga merupakan antidepresan yang sangat baik. Anda juga tidak perlu lagi untuk menghabiskan banyak uang untuk obat-obatan, karena blueberry efektif terhadap begitu banyak kondisi kesehatan yang berbeda. Juga tidak ada efek samping negatif yang terkait dengan makan buah blueberry. Suatu hal yang menarik tentang blueberry adalah bahwa, semakin gelap warna blueberry, maka akan semakin kaya antioksidan dan nutrisi obat lainnya . Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

10 Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan