Khasiat Brokoli Cegah Asam Lambung Dan Maag

Manfaat dan Khasiat Brokoli Cegah Asam Lambung Dan Maag

Selain dari rasa dan juga tampilan, brokoli mengandung banyak vitamin dan zat- zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar “khasiat brokoli cegah asam lambung dan maag“.

Permasalahan dalam sistem pencernaan tidak boleh diabaikan. Ada berbagai gangguan sistem pencernaan atau penyakit yang mungkin terjadi dan sering diabaikan oleh banyak orang. Masalah pencernaan yang paling umum adalah penyakit naiknya asam lambung atau gastro-esophageal reflux, sebagian besar dikenal sebagai penyakit maag. Penyakit naiknya asam lambung dapat mempengaruhi usia yang berbeda dari bayi, remaja, dan juga orang dewasa. Gangguan ini harus diberi perhatian khusus karena dapat menimbulkan masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

Naiknya asam lambung dapat ditentukan melalui gejala yang terkait dengannya. Gejala seperti rasa panas di dada atau tenggorokan, suara mendesah, suara serak atau gejala lainnya yang mirip tidak boleh diabaikan, karena gejala naiknya asam lambung juga mirip dengan serangan jantung.

Selain dari rasa dan juga tampilan, brokoli ini juga banyak disukai oleh orang- orang karena kandungan vitamin dan zat- zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Brokoli mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh, sehingga ketika kita mengonsumsi brokoli maka kita akan mendapatkan kebaikan- kebaikan dari brokoli tersebut untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai kandungan vitamin yang dimiliki brokoli adalah vitamin- vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Maka dari itu seringkali kita lihat para ibu menyajikan kreasi masakan sayur untuk anaknya dengan salah satu komposisinya berupa brokoli. Lalu, apa saja yang sebenarnya terkandung dalam sayur brokoli ini?

Kandungan Dalaam Sayur Brokoli

Sayur brokoli merupakan jenis sayuran yang kandungan gizinya dapat dikatakan sangat lengkap. Sayur brokoli ini mengandung banyak sekali vitamin yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan- kandungan vitamin serta zat- zat lainnya yang ada pada sayur brokoli antara lain:

  • Kalori
  • Protein
  • Asam lemak omega 3
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Potassium atau kalium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Zinc
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 atau Thiamin
  • Vitamin B2 atau Riboflavin
  • Vitamin B6 atau Pyrodoxin
  • Vitamin B3 atau Niasin
  • Vitamin B5 atau Pantothenic Acid
  • Vitamin B9 atau Folat
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Serat
  • Mangan
  • Triptofan

Manfaat Brokoli untuk Penderita Maag

Khasiat Brokoli Cegah Asam Lambung Dan MaagBrokoli ini dikenal sebagai sayuran yang mempunyai khasiat untuk penderita penyakit maag. Di Jepang, para ahli di negara tersebut mendapati bahwa dengan mengkonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari dalam kurun waktu dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait dengan penyakit maag, infeksi lambung, dan bahkan kanker perut. Sulforaphane yang ada di dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fasi II di hati. Enzim jenis ini mampu menggandeng bahan- bahan karsinogen yang yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Kandungan Sulforaphane yang ada di dalam brokoli ini mampu memicu enzim dalam perut, sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal bebas yang dapat merusak DNA dan juga menyebabkan peradangan.

Selain untuk penyakit maag, brokoli juga dapat mengobati gangguan- gangguan pada lambung lainnya. Berdasarkan penelitian terbaru yang lebih spesifik, menyatakan bahwa brokoli ini menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan yang paling berbahaya adalah kanker perut.

Manfaat brokoli untuk penderita Asam Lambung

Di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut. Sulforaphane dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah direbus terlalu matang.

Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat memicu enzim dalam perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan.

Selain brokoli, ada juga beberapa sayuran yang terlibat sebagai sayuran sehat untuk penderita asam lambung :

-Wortel

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti-kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, tukak lambung, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit.

Daun wortel juga berguna untuk mengobati batu ginjal dan radang selaput lendir kandung kemih. Sedangkan rimpang atau akarnya dapat mengobati cacing kremi, memelihara kesehatan mata, pencernaan, dan sebagai obat luar untuk luka bakar. Biji wortel dapat mengobati batu ginjal, disentri dan mencret.

Menurut Noviana Yaniar (1993) dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Unit Materia Medica, Malang, wortel dapat mengatasi masalah-masalah seperti hipertensi, rabun senja, mata minus, demam pada anak, cacingan, luka bakar, batuk, nyeri haid, sembelit dan menghaluskan wajah.

Mengonsumsi wortel selama tiga minggu juga menurunkan risiko serangan jantung sekitar 22 persen. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 68 persen.

-Kunyit

Kunyit ( Curcuma Longa atau C domestica ) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang berada dalam lingkup keanekaragaman hayati di tanah air kita ini. Sangat menakjubkan, kunyit banyak sekali manfaatnya. Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperlezat cita rasa masakan, ternyata kunyit memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan pada lambung ( asam lambung atau maag ).

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung.

-Kubis

Khasiat kubis dapat mengatasi tukak lambung. Berdasarkan sebuah studi di Stanford University School of Medicine, jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati tukak lambung. Ini karena kubis mengandung glutamnin yang tinggi.

Khasiat kubis dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, ini karena kubis adalah sumber asam amino glutamin yang baik, sehingga dapat dipercaya dalam membantu mengobati semua jenis peradangan.

Khasiat kubis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini karena kandungan vitamin C dalam kubis sangat tinggi, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu untuk melawan radikal bebas.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat brokoli cegah asam lambung dan maag. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Khasiat Brokoli Cegah Asam Lambung Dan Maag