Hal Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Anda

Hal Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Anda

Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan anda. Ada beberapa hal yang bisa menjadi indikator kesehatan anda yang perlu diketahui!.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar “hal yang bisa menjadi indikator kesehatan anda”. 

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan dicari semua orang. Tanpa kesehatan yang baik, kualitas hidup manusia akan menurun dan menimbulkan gangguan dalam melaksaknakan aktivitas sehari-hari. Tahukah Anda apa sebenarnya definisi sehat? Apakah bebas dari penyakit saja bisa disebut sehat?

Hal Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan AndaMenurut World Health Organization (WHO), kesehatan merupakan suatu keadaan yang sehat secara fisik, mental, dan sosial serta bukan hanya bebas dari penyakit. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan individu, seperti faktor genetik, lingkungan, pendidikan, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya. Faktor psikologis ternyata berperan penting dalam menentukan status kesehatan manusia.

Baca juga : Cara Mengobati Infertilitas Pada Wanita

Sebelum membahas lebih lanjut akan hal yang bisa menjadi indikator kesehatan anda, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu sedikit mengenai beberapa kondisi tubuh yang bisa menandakan kesehatan anda!.

Perubahan pada tubuh yang terkadang terlihat sepele ternyata bisa menandakan kondisi kesehatan anda. Anda mungkin pernah mengalami rambut yang semakin menipis atau kulit mengering, dan menganggapnya biasa saja. Padahal, apa yang terlihat diluar tersebut sangat erat kaitannya dengan kondisi yang terjadi dalam tubuh anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi tubuh yang sebaiknya diperhatikan karena bisa menandakan kondisi kesehatan anda:

  • Kulit bersisik merah

Pernahkah anda melihat kulit anda terdapat bercak merah mnyerupai sisik? Terkadang orang menganggap itu adalah biang keringat sehingga menganggapnya sepele. Jika anda menemukan hal ini pada kulit anda sebaiknya perlu mewaspadainya, bisa jadi itu merupakan psoriasis. psoriasis merupakan suatu penyakit kulit yang diakibatkan karena adanya gangguan autoimun yang dapat muncul pada segala umur dan dihubungkan dengan inflamasi atau peradangan. Gejala dari penyakit ini biasanya berupa luka yang terdapat di kulit kepala, siku, serta lutut. Bahkan menurut penelitian terbaru, psoriasis yang parah dihubungkan dengan penyakit kardiovaskular.

  • Rambut tipis

Jika anda bermasalah dengan rambut anda seperti mudah rontok sampai menipis, ini menandakan ada gangguan pada kalenjar tiroid (hypodtyroidism). Waktu kalenjar tiroid kurang aktif, banyak folikel rambut akan istirahat. hal ini menyebabkan proses pertumbuhan rambut yang melambat. Selain itu, rambut tipis juga disebabkan oleh rendahnya hormon estrogen. Bagi perempuan menupause, multi komplek B dan kolagen bisa mengatasi masalah ini.

  • Kulit kering dan kotor

Kulit kering memang bisa mengganggu penampilan, tapi masih bisa diatasi dengan menggunakan lotion pelembab. Tapi tahukah anda, kulit kering ternyata bisa menjadi indikator kesehatan anda, lho. Jika anda mengalami hal ini itu menandakan bahwa anda kekurangan omega-3. Asam lemak omega 3 ini membantu melindungi kulit dari perkembangan inflamasi. Karena itulah, jika anda kekurangan omega 3 maka kulit akan menjadi kering, gatal bahkan terlihat kotor.

  • Jerawat membandel

Munculnya jerawat pada wajah mungkin anda anggap sebagai masalah kulit biasa. Jika jerawat tersebut membandel dan susah dihilangkan, itu artinya ada yang bermasalah dengan kesehatan anda. Bisa dipastikan tubuh anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Ketika tingkat estrogen dan progesteron menurun, ketidakseimbangan hormon dapat mendorong produksi minyak penyumbat pori.

Berikut beberapa Hal Yang Menjadi Indikator Kesehatan Anda 

Ada beberapa indikator yang bisa anda temukan sendiri untuk mengetahui kondisi kesehatan anda mulai dari urin, berat badan, gigi & mulut, kulit, hingga rumah anda.

Rumah

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi lingkungan sekitar dan rumah anda. Hal ini karena dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan anda dan keluarga. Untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, sangat penting untuk menjaga ‘kesehatan rumah’ juga. Jika ada anggota keluarga anda yang sering mengalami sakit kepala, hidung tersumbat, gangguan pernapasan, asma, atau alergi, hal tersebut bisa jadi akibat kondisi rumah anda yang tidak sehat. Anda harus waspada terhadap jamur atau bakteri yang dapat berada di dalam rumah, di area mana saja. Oleh sebab itu bersihkan rumah secara berkala mulai dari dapur, kamar tidur, kamar mandi, hingga ruang tamu, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Berat Badan

Menurut Dr. Julie Chen, seorang dokter dan ahli kesehatan, bertambahnya dan turunnya berat badan yang tidak jelas, juga dapat menjadi tanda utama seseorang bermasalah dengan kesehatan. Jika berat badan anda tiba-tiba bertambah secara tak terduga, hal ini dapat menandakan hipotiroidisme yang disebabkan kurangnya fungsi kelenjar tiroid. Penderita hipotiroidisme biasanya sering mengalami kelelahan, pucat, osteoporosis, gondok, kurang keringat, kram otot, hingga penurunan denyut jantung. Jika tiba-tiba berat badan anda turun secara tidak terduga, maka hal tersebut bisa menandakan kanker, hipertiroidisme, penyakit autoimun, penyakit kronis dan depresi.

Gigi dan Mulut

Banyak orang tidak menyadari pentingnya pemeriksaan gigi. Dr. Lucy Slutsky , seorang dokter gigi di New Jersey, Amerika, mengatakan bahwa kebersihan mulut dan pemeriksaan gigi sangat penting karena masalah kesehatan gigi sering menjadi penanda terhadap masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan masalah kesehatan jantung, paru-paru, sistem pencernaan, atau bagian tubuh lain. Pemeriksaan gigi juga dapat memberikan informasi terhadap tanda-tanda awal terjadinya kanker mulut.

Urin

Lebih dari 70 tanda dalam urin atau air seni anda dapat menentukan bagaimana tubuh berfungsi dan tanda-tanda tersebut adalah kunci untuk mencegah berbagai penyakit. Sebagai contoh, jika anda mencium bau urin yang tidak biasa, seperti bau ragi(yeast), maka hal itu bisa jadi menjadi petunjuk untuk diagnosis diabetes. Tanda-tanda lainnya adalah warna urin yang tidak normal seperti berwarna kehijauan, kecoklatan, hingga urin berwarna keruh. Jika sudah begitu, sebaiknya segera ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Kulit

Anda harus membiasakan diri untuk memeriksa kulit setidaknya sekali dalam sebulan, untuk mengetahui perubahan-perubahan pada kulit seperti tahi lalat atau luka kulit yang tidak tersembuhkan, seperti yang dikatakan Dr. Tim Abou-Sayed, ahli bedah plastik. Melanoma (tumor ganas, ditemukan pada kulit) bisa terjadi dan berawal dari sesuatu yang bukan apa-apa seperti tahi lalat yang sedikit gelap. Perkembangan sesuatu pada kulit dapat terjadi sehari, seminggu, atau sebulan kemudian. Perubahan-perubahan kecil seperti inilah yang sebaiknya anda periksakan ke dokter kulit agar terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Sebagai tambahan informasi, berjemur di pantai juga dapat membahayakan kulit anda akibat radiasi sinar matahari.

5 tanda kesehatan anda tengah bermasalah, yaitu:

-Urin Anda terlalu kuning

Adalah penting bahwa Anda memperhatikan warna urin Anda karena hal ini benar-benar dapat menjadi indikator yang fantastis tentang kesehatan secara umum. Jika Anda terhidrasi inya urin Anda jernih. Namun jika Anda minum secara cukup namun urin Anda kuning warnanya, bisa jadi ada masalah dalam ginjal Anda, sehingga limbah tubuh tidak diproses dengan benar. Untuk mengujinya, silakan Anda minum secara cukup minimal 2 liter perhari dan jika masuk kuning juga warnanya, sebaiknya Anda segera ke dokter

-Anda lelah walau cukup tidur

Jika Anda cukup tidur, tapi masih menemukan bahwa Anda lelah di sore hari, maka mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan tiroid Anda. Masalahnya di sini adalah bahwa kelenjar adrenal Anda sedang kelelahan, mengarahkan tubuh Anda menggunakan semua energi tanpa digantikan dengan cara yang tepat. Masalah ini menyebabkan tubuh Anda menjadi seolah sedang sedang lari ke bawah. Ketika hal ini terjadi, Anda seolah tengah membuka diri untuk masalah kesehatan lainnya yang potensial. maka sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan tiroid Anda.

-Gampang pilek

Jika Anda lebih rentan terhadap pilek mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda atau mungkin ada beberapa jenis masalah terkait hal ini. Anda mungkin kekurangan vitamin C atau ada virus yang tengah menyerang tanpa Anda sadari. Tes darah diperlukan untuk memastikan hal ini, namun yang terpenting adalah lakukan cara alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sarat kandungan gizi.

-Bibir pecah-pecah

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang hanya terjadi karena cuaca, tapi bibir pecah-pecah, terutama pada sudut-sudutnya, menunjukkan Anda kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini dalam sistem Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan akan mempengaruhi darah Anda. Segera konsumsi suplemen vitamin B12 atau berkonsultasilah ke dokter.

-Pola tidur mendadak terganggu

Jika Anda menemukan bahwa pola tidur Anda terganggu dan Anda menderita beberapa bentuk insomnia, bisa jadi karena tubuh dan pikiran Anda menjadi terlalu stres. Ketika kita tidur, tubuh kita seharusnya menurunkan jumlah kortisol yang berguna untuk meredam stres. Ketika ini terjadi tubuh kita berjuang untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi ulang ‘baterai’ yang terus menurun. Ketika ini terjadi, kita berisiko dengan semua jenis penyakit karena sistem kekebalan tubuh kita tidak beroperasi pada kapasitas penuh.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Hal Yang Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Anda