Tips Menunda Menopause Secara Alami

Tips menunda menopause secara alami sehingga tidak perlu khawatir untuk mengalami menopause diumur yang lebih muda.

Dalam kesempatan kali ini pihak alfian herbal akan memberikan informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar “tips menunda menopause secara alami”.

Menopause bisa menjadi kondisi yang sering dikhawatirkan perempuan dewasa. Pasalnya, menopause bisa mengakibatkan perempuan terkena hot flashes (berkeringat di malam hari), kecemasan, serta gangguan kesehatan lainnya. Meskipun merupakan kondisi normal, menopause bisa datang lebih cepat akibat pengaruh dari kondisi kesehatan. Nah, untuk menyikapi hal tersebut, ada beberapa tips untuk menunda menopause secara alami. Namun sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai tips menunda menopause secara alami, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu sedikit mengenai sekilas seputar menopause dan berbagai penyebabnya.

Sekilas Seputar Menopause Dan Berbagai Penyebabnya

Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Seorang wanita yang mengalami menopause alamiah sama sekali tidak dapat mengetahui apakah saat menstruasi tertentu benar-benar merupakan menstruasinya yang terakhir sampai satu tahun berlalu.

Ketika menopause sudah mendekat, siklus dapat terjadi dalam waktu-waktu yang tidak menentu dan bukan hal yang aneh jika menstruasi tidak datang selama beberapa bulan. Pada usia empat puluh tahun, beberapa perubahan hormon yang dikaitkan dengan pra-menopause mulai terjadi. Penelitian telah membuktikan, misalnya, bahwa pada usia empat puluh tahun banyak wanita telah mengalami perubahan-perubahan dalam kepadatan tulang dan pada usia empat puluh empat tahun banyak yang menstruasinya menjadi lebih sedikit atau lebih pendek waktunya dibanding biasanya, atau malah lebih banyak dan/atau lebih lama. Sekitar 80% wanita mulai tidak teratur siklus menstruasinya. Kenyataannya, hanya sekitar 10% wanita berhenti menstruasi sama sekali tanpa disertai ketidakteraturan siklus yang berkepanjangan sebelumnya. Dalam suatu kajian yang melibatkan lebh dari 2.700 wanita, kebanyakan di antara mereka mengalami transisi pra-menopause yang berlangsung antara dua hingga delapan tahun.

Kecuali jika seseorang mengalami menopause secara tiba-tiba akibat operasi atau perawatan medis, pra-menopase dapat dianggap sebagai akhir dari suatu proses yang awalnya dimulai ketika seorang perempuan pertama kali mengalami menstruasi. Periode menstruasi pertama itu biasanya diikuti dengan lima atau tujuh tahun siklus yang relatif panjang, tidak teratur dan sering tidak disertai pembentukan sel telur. Akhirnya pada akhir usia belasan atau awal dua puluhan, lamanya siklus menjadi lebih pendek dan lebih teratur ketika wanita mencapai usia subur puncak, yang berlangsung selama kira-kira dua puluh tahun.

Pada usia empat puluhan, siklus mulai memanjang lagi. Meskipun kebanyakan orang cenderung percaya bahwa dua puluh delapan hari merupakan panjang siklus yang normal, penelitian telah membuktikan bahwa hanya 12,4% wanita benar-benar mempunyai siklus dua puluh delapan hari dan 20% dari semua wanita mengalami siklus tidak teratur.

Penyebab Menopause Dini

Cepat atau lambat setiap wanita yang sudah berumur lebih dari 40 tahun pasti akan mengalami menopause. Tetapi tidak tertutup kemungkinan menopause terjadi sebelum usia 40 tahun, ini biasa dikenal sebagai menopause dini atau premature yang dikarenakan oleh perawatan medis tertentu atau memang terjadi secara alami.

Kadang-kadang menopause dini diakibatkan oleh faktor internal tubuh. Cacat pada kromosom, misalnya sindrom Turner, membuat seseorang lahir tanpa atau dengan kromosom X yang tidak lengkap. Hal ini menyebabkan ovarium tidak berkembang secara normal dan akhirnya mengakibatkan menopause dini.

Jika ada anggota keluarga yang mengalami menopause dini, maka Anda lebih cenderung mengalaminya juga. Selain itu, sistem imun tubuh yang normalnya memerangi penyakit, mungkin salah menyerang ovarium sehingga menghalangi produksi hormon dan akhirnya menstruasi pun terhenti.

Menopause dini yang disebabkan oleh faktor internal tubuh dikenal sebagai insufisiensi ovarium primer. Dalam beberapa kasus, wanita yang ovariumnya masih memproduksi hormon bisa kembali mengalami menstruasi. Beberapa wanita bahkan masih dapat hamil setelah didagnosi menderita insufisiensi ovarium primer.

Selain faktor internal tubuh, perawatan medis dapat memicu terjadinya menopause dini. Perawatan medis untuk kanker seperti kemoterapi mungkin merusak ovarium dan membuat menstruasi terhenti. Tapi hal ini bergantung pada jenis kemoterapi dan usia.

Operasi pengangkatan kedua ovarium akan mengakibatkan menopause, karena produksi hormon yang berkaitan dengan menstruasi sudah terhenti. Sama halnya dengan wanita yang menjalani pengangkatan rahim, meski masih memiliki ovarium, perlahan-lahan akan mengalami menopause.

Berikut Inilah Tips Untuk Menunda Menopause Secara Alami

Masa menopause adalah masa yang secara alami akan dijalani oleh wanita atau dimulai pada usia 30 tahun, hal ini bisa menjadi kekwatiran sendiri bagi sebagian kaum wanita yang mengalami menopause diumur yang lebih muda. Tentunya wanita pasti ingin agar masa menopouse tersebut dapat ditunda atau dicegah seperti beberapa tips berikut :

1. Perkaya phytoestrogen. Hormon estrogen pada perempuan akan turun secara drastis sebelum mengalami menopause. Hormon ini merupak sekelompok senyawa steroid yang berfungsi sebagai hormon seks pada perempuan. Kurangnya steroid menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan, seperti payudara, dan juga terlibat dalam penebalan endometrium maupun dalam pengaturan siklus haid. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan yang mengandung phytoestrogen seperti yang terdapat dalam gandum dan kedelai, tahu, dan tempe.

2. Jangan malas berolahraga. Ovulasi yang tidak berjalan normal karena tubuh yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab menopause datang lebih cepat. Meskipun usia bertambah, pastikan Anda tetap menjaga kebugaran dengan berolahraga atau hanya sekedar melakukan peregangan paling tidak 30 menit setiap harinya.

3. Jauhi rokok. Bukan hanya berakibat fatal bagi kesehatan paru-paru, para perokok biasanya lebih rentan mengalami menopause dini. Pasalnya, merokok bisa menghambat peredaran darah sehingga mempengaruhi masa menstruasi.

4. Konsumsi antioksidan. Makanan yang diperkaya dengan antioksidan bukan hanya baik bagi sistem kekebalan tubuh. Namun juga bersifat mengusir racun dari dalam tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

5. Hindari makanan instan

Biasanya makanan instan tidak mengandung gizi seimbang karena kandungan kolesterol tinggi dalam makanan tersebut bisa menurunkan kebugaran. Maka mulai dengan menghindari makanan seperti ini.

6. Hormon fitoestrogen

Fitoestrogen mampu membuat produksi hormon estrogen dalam tubuh wanita meningkat. Ini dapat mencegah datangnya menopause diri . Hormon Fitoestrogen dapat Anda jumpai di jenis makanan contohnya saja : kacang kedelai dan gandum.

Nah itulah tips menunda menopause secara alami yang dapat kami sampaikan. Apabila anda tidak ingin terjadi menopause sejak dini maka tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan beberapa tips diatas. Karena bagian terbaik menunda menopause adalah anda tetap produktif dan berusaha memiliki keturunan. Jadi jika anda ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, anda pun secara tidak langsung bisa menunda menopause. Terimakasih atas kunjungannya,  semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Baca juga : Tips Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil Muda

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Tips Menunda Menopause Secara Alami