Nutrisi Rumput Laut Yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi rumput laut yang baik untuk kesehatan terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi green world terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan yang akan mengutip seputar nutrisi rumput laut yang baik untuk kesehatan.

Nutrisi rumput laut yang baik untuk kesehatan | Rumput laut adalah salah satu sumberdaya hayati (salah satu sumber daya dapat pulih “renewable resources” yang terdiri atas flora dan fauna) yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Dalam bahasa Inggris, rumput laut diartikan sebagai “Seaweed”. Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Rumput laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak.

Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga. Tanaman ini adalah gangang multiseluler golongan divisi thallophyta. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya, rumput laut tidak memiliki akar, batang dan daun. Jenis rumput laut sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae).

Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Contoh jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan diantaranya adalah Euchema cottonii dan Gracelaria sp.

Berikut nutrisi lengkap yang terdapat pada rumput laut dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh

Rumput laut, merupakan tanaman yang tumbuh di bawah laut yang dapat bermanfaat memberikan asupan nutrisi untuk kebutuhan harian tubuh kita. Sekitar 17.5 cangkir untuk wanita dan 21 cangkir untuk pria. Menurut Departeman Pertanian AS. Seperti kebanyakan sayuran lainnya, Rumput laut rendah kalori, seperti rumput laut mentah yaitu wakaname misalnya, yang mengandung kurang dari 20kalori. Sehingga rumput laut bermanfaat untuk kesehatan Anda. Sayuran laut atau rumput laut menyediakan beberapa sumber nutrisi penting. Berikut nutrisi serta manfaat rumput laun untuk kesehatan :
Nutrisi Rumput Laut Yang Baik Untuk Kesehatan1. Vitamin K
Rumput laut mengandung Vitamin K, nutrisi yang dapat larut dalam lemak. Vitamin K bermanfaat untuk trombosit. Trombosit merupakan jenis sel yang berfungsi sebagai pembekuan darah pada saat luka. Vitamin K, membantu mengirim sigbak kimia ke pada tombosit untuk mengumpulkan dan membentuk penggumpalan darah. sehingga luka dapat kering dengan cepat dan menghentikan darah yang keluar. Asupan Vitamin K harian yang direkondesikan adalah 90 mikrogen untuk wanita maupun pria, dan beberpa rumput laut dapat memenuhinya. 1 porsi rumput laut yang sarat dengan kalsium lebih dari manfaat brokoli dan hampir sama seperti protein pada kacang-kacangan.
2. Kalsium
Rumput laut kaya akan kalsium. Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang untuk Anda yang masih dalam masa pertumbuhan dan juga bermanfaat untuk menguatkan tulang menjaga kekuatan gigi. Kalsium juga membantu otot-otot dan membantu komunikasi el dan berkontribusi dalam fungsi sistem saraf.
3. Zat Besi
Ada beberapa jenis rumput laut yang juga mengandung zat besi. Zat besi ini membantu tubuh dalam menghasilkan energi yang diperlukan tubuh dalam manjalankan aktifitas sehari-hari selain it zat besi juga berperan untuk menyehatkan sistem peredaran darah dengan meningkatkan sirkulasi daah ke seluruh tubuh, selain itu zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, kekurangan zat besi dapat meyebabkan anemia defisiensi besi, suat kondisi dengan gejala energi yang menurun, kulit pucat dan juga berakibat sesak nafas. Rumput laut dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda dengan kebutuhan untuk pra 8 miligram dan wanita 18 miligram. Selain itu rumput laut juga mengandung Vitamin A dan B12.
4. Serat Alami
Rumput laut mengandung serat yang disebut dengan alginat serat ini dapat ditemukan dibeberapa jenis rumput laut, yang bermanfaat bagi tubuh manusia dalam proses pencernaan makanan den membantu mengurangi penyerapan lemak. Sebuat studi yang dipimpin oleh ilmuwan Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University mengungkapkan bahwa rumout laut dapat mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75%. Setat juga membantu anda merasa lebih kenyang lebih lama dan lebih cepat. Rumput laut dapat berguna bagi Anda yang sedang mejanlankan diet untuk menguangi berat badan.
5. Asam Lemak Omega 3
Tubuh manusia juga membutuhkan lemak baik untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Rumput laut mengandung asam lemak sehat yaitu omega 3. The Dr, Oz Swow situs mencatat bahwa selembar rumput laut nori berisi sejumlah asam lemak omega 3. Jenis lemak ini dapat memabantu meninkatkan kadar kolestrol HDl yang sehat dan menurunkan kadar lemak LDL yang dapat membahayakan lesehatan tubuh. Omega 3 juga bermanfaat mengurangi peradangan dalam tubuh.
6. Yodium
Rumput laut sama seperti sayuran lainnya yang mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Menurut situs Best Health, 1 gram rumput laut dapat memenuhi kebutuhan Yudium harian Anda. Mineral ini sangat penting untuk fungsi tiroid sehat. Selain itu rumput laun coklat yang disebut dengan kombu berisi fucoxanthin pigmen, yang bermanfaat membantu metabolisme lemak dalam tubuh.

Berikut Beberapa Manfaat Rumput Laut Yang Baik Bagi kesehatan Tubuh

Kebaikan rumput laut memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti berikut ini :

>Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Penelitian menyatakan bahwa rumput laut ini bisa menjadi stimulan dalam proses penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Rumput laut bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines, (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.
>Mengendalikan Berat Badan
Rumput laut adalah makanan bebas lemak dan kaya akan serat pangan. Seperti kita ketahui bahwa selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa terhindar dari pola makan rakus yang bisa menambah berat badan. Cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang sedang berdiet.
>Pengganti Garam
Peneliti di Inggris menguji butiran rumput laut sebagai penambah rasa yang bisa menggantikan garam dalam makanan ringan dan produk makanan olahan lainnya. Mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung hingga stroke.
>Mencegah Anemia
Penelitian juga membuktikan bahwa, rumput laut jenis spiriluna juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Selain itu, rumput laut berfungsi mengurangi efek samping terhambatnya produksi sel-sel penghasil sel darah. Penelitian membuktikan bahwa rumput laut meningkatkan hematopoiesis, yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.
>Mengatasi Alergi
Rumput laut juga dapat melawan reksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.
>Mencegah Kanker
Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap bahwa wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu makan mereka.
>Mempercepat Penyembuhan Luka
Vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, juga menjaga kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit dan juga membantu untuk penyembuhan luka, dan memperkuat pembuluh darah.
>Mencegah Keropos Tulang
Penelitian mengklaim bahwa rumput laut mengandung kalsium 5x lebih besar dibandingkan susu. Dengan kandungan kalsium yang begitu besar, maka rumput laut dapat mencegah keropos tulang, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kuku,rambut, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai nutrisi rumput laut yang baik untuk kesehatan. Meskipun banyak manfaat rumput laut yang bisa kita dapatkan setelah mengkonsumsinya, namun tetap konsumsilah secara bijak, yaitu mengkonsumsi rumput laut dalam porsi sewajarnya. Jangan memakan sesuatu dengan sangat banyak karena akan berbengaruh pada tubuh kita yang tidak baik.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Tips Mudah Agar Si Kecil Bisa Cepat Berjalan

Nutrisi Rumput Laut Yang Baik Untuk Kesehatan