Manfaat Daun Pepaya

Dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti manfaat daun pepaya untuk menghilangkan jerawat.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu website resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan mengutip informasi kesehatan yang akan mengenai seputar Manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan tubuh.

Sekilas Informasi Menarik Seputar Daun Pepaya

Manfaat Daun PepayaDaun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diolah pada saat masih muda menjadi makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Disamping dapat diolah menjadi makanan yang lezat, daun pepaya dapat pula dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit. Helaian daun pepaya berbentuk menyerupai tangan manusia. Apabila daun pepaya dilipat tepat di tengah, maka akan nampak bahwa daun pepaya berbentuk simetris

Pepaya, tanaman seperti pohon tropis, pada awalnya dibudidayakan di Meksiko dan  dapat tumbuh lebih dari 30 meter. Tanaman pepaya merupakan buah serbaguna yang baik di makan saat matang dan mentah. Menurut “Pepaya Medicine Tree,” seluruh bagian tanaman pepaya baik akar, daun dan buah menawarkan nilai obat. Daun pepaya muda dimakan seperti sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Dan air rebusan daun pepaya, juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, seperti berikut, apa saja manfaat daun pepaya ? Sebelumnya kita bahas dulu kandungan gizinya.

Kandungan gizi daun pepaya

  • Vitamin B, A, C, D, E
  • Kalsium
  • Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

Khasiat Dan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit Wanita

Daun pepaya memiliki kandungan zat baik yang berlimpah. Maka dari itu, bagi yang kurang menyukai rasanya dapat mempertimbangkan manfaat daun pepaya bagi tubuh pada ulasan ini,

1. Sifat anti kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Hal ini membuat ekstrak daun pepaya ini, sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian penduduk dunia. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker. Daun yang terasa pahit, memang banyak mengandung zat anti kanker, yang juga ditemui pada manfaat daun binahong.

2. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Zat tannin ini akan melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga cacing di usus tidak dapat menempel. Dengan demikian, daun pepaya secara efektif akan menekan penyebab terjadinya sakit tifus.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain yang menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Anti Malaria

Daun Pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

5. Pencegahan Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Penyakit ini bisa berakibat fatal, namun sejauh ini tidak ada obat khusus telah dirumuskan untuk penyakit ini. Penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen memiliki efek samping tersendiri.

Jus daun pepaya adalah metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa masalah efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi kasus telah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya mengandung enzim papain meningkatkan trombosit. Perusahaan farmasi sudah menggunakan persiapan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter merekomendasikan mengambil 20 sampai 25 ml jus ini dua kali sehari selama seminggu untuk hasil yang cepat.

6. Mengurangi Nyeri Haid

Para wanita sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahkan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.

7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

8. Mengobati Demam Berdarah

Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun tersebut secara teratur sampai demam berdarah sembuh.

9. Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.

10. Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat pepaya berikutnya adalah sebagai obat anti diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.

Selain itu juga, manfaat daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan wajah wanita, berikut informasinya:

1. Mengatasi jerawat
Salah satu hal yang cukup sering menghinggapi di kalangan remaja yakni jerawat tidak perduli pria atau wanita memiliki resiko yang sama besarnya dan jerawat bisa muncul karena wajah anda yang kotor akibat minyak ataupun debu maka dari itu rajin-rajinlah mencuci wajah anda sebelum tidur dan saat pagi hari. sedangkan untuk menghilangkan jerawat menggunakan daun pepaya yakni dengan cara dijadikan sebagai masker adapun cara membuatnya yaitu jemurlah beberapa daun pepaya yang sudah tua kemudian haluskan dan ditambahkan dengan air setelah itu bisa langsung anda gunakan dengan cara diopleskanya pada bagian yang muncul jerawat.

2. Anti penuaan
Sebenarnya tidak ada benda apapun yang bisa menghindari kita dari penuaan karena penuaan merupakan kodrat alam tetapi jika untuk menghambatnya mungkin bisa salah satunya dengan menggunakan daun pepaya ini yang bisa menyamarkan kerutan pada kulit wajah karena mengandung sangat banyak unsur amino yang banyak digunakan oleh produk-produk kecantikan dan cara penggunaanya cukup sederhana yakni dengan cara menjadikanya masker seperti pada nomor satu tetapi untuk kali ini anda harus mengoleskanya keseluruh wajah.

3. Menghilangkan ketombe
Apakah anda tahu banyak produk shampo menggunakan eksrak dari daun pepaya? karena didalamnya mengandung senyawa karpain yang cukup ampuh dalam mengatsi ketombe, kotoran, dan minyak yang menempel dirambut anda akibat aktifitas seharian diluar ruangan. nah, untuk itu anda bisa menerapkan cara tradisioanal ini caranya yakni dengan merebusnya kemudian air rebusan tersebut anda gunakan untuk mencuci rambut anda.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun pepaya, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Baca juga artikel kami selanjutnya : Jenis-Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Daun Pepaya