Jenis-Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis-jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan dan teh terbaik untuk dikonsumsi dipercaya ada di dalam jenis tanaman Camellia sinens.

Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan distributor resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar artikel kesehatan yang akan mengenai Jenis-Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan.

Berikut Informasi Menarik Seputar Sejarah Teh Di Indonesia

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut akan jenis jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan , ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai sejarah teh yang ada di indonesia.

Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Istilah “teh” juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.

Tanaman penghasil teh (Camellia sinensis) pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1684, berupa biji teh (diduga teh sinensis) dari Jepang yang dibawa oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Andreas Cleyer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Batavia. F. Valentijn, seorang rahib, juga melaporkan tahun 1694, bahwa ia melihat tanaman teh sinensis di halaman rumah gubernur jenderal VOC, Camphuys, di Batavia. Pada abad ke-18 mulai berdiri pabrik-pabrik pengolahan (pengemasan) teh[butuh rujukan] dan didukung VOC.

Setelah berakhirnya pemerintahan Inggris di Nusantara, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Kebun Raya Bogor sebagai kebun botani (1817). Pada tahun 1826 tanaman teh melengkapi koleksi Kebun Raya, diikuti pada tahun 1827 di Kebun Percobaan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Dari sini dicoba penanaman teh dalam skala luas di Wanayasa (Purwakarta) dan lereng Gunung Raung (Banyuwangi).

Karena percobaan ini dianggap berhasil, mulailah dibangun perkebunan skala besar yang dipelopori oleh Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson, seorang ahli teh, pada tahun 1828 di Jawa. Ini terjadi pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal van den Bosch. Teh pun menjadi salah satu tanaman yang terlibat dalam Cultuurstelsel. Teh kering olahan dari Jawa tercatat pertama kali diterima di Amsterdam tahun 1835. Setahun berikutnya, dilakukan swastanisasi perkebunan teh.

Teh jenis assamica mulai masuk ke Indonesia (Jawa) didatangkan dari Sri Lanka (Ceylon) pada tahun 1877, dan ditanam oleh R.E. Kerkhoven di kebun Gambung, Jawa Barat (sekarang menjadi lokasi Pusat Penelitian Teh dan Kina. Karena sangat cocok dan produksinya lebih tinggi, secara berangsur pertanaman teh sinensis diganti dengan teh assamica, dan sejak itu pula perkebunan teh di Indonesia berkembang semakin luas. Pada tahun 1910 mulai dibangun perkebunan teh pertama di luar Jawa, yaitu di daerah Simalungun, Sumatera Utara.

Inilah Jenis – Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Teh seakan tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Selain dapat dijadikan jamuan untuk tamu, teh rupanya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, teh juga memiliki beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda-beda pula, sehingga jenis teh apapun yang Anda pilih akan selalu baik untuk tubuh.

Beberapa jenis teh yang tersedia di pasaran untuk dikonsumsi meliputi teh hijau, teh putih, teh hibiscus hingga teh kamomil, yang merupakan bahan teh herbal dan mengandung flavonoids, bahan utama yang melawan kanker dan merelaksasi saraf. Tidak hanya kanker, teh juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan kafein pada teh memiliki kadar yang lebih rendah dibandingkan kopi. Teh juga kaya akan polyphenols yang mengandung flavonoids dan theanin, terutama jenis teh yang langsung diekstrak dari daunnya daripada jenis teh kemasan yang sudah memiliki tambahan ekstra kalori dan pemanis buatan. Nah, berikut adalah jenis teh dan manfaatnya:

Jenis-Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan1. Teh Oolong
Teh oolong di kenal menolong sistem pencernaan serta turunkan kandungan cholesterol. Teh ini adalah teh tradisional China yang dihasilkan lewat sistem unik seperti : pelayuan dibawah cahaya matahari yang terik serta sistem oksidasi saat sebelum daun teh beralih melengkung serta berputar. Lalu sistem semi-fermentasi dikerjakan sesudah daun ditempatkan ditempat teduh. Teh oolong mempunyai rasa kuat serta aroma yang sangatlah harum seperti buah-buahan. Sesudah diminum, teh ini memberi dampak nyaman serta suka. Sebagian variasi teh oolong yaitu Teh Oolong Melati, Teh Olong Puncak Es, Teh Oolong Batu Wuyi, serta Teh Oolong Bulu Kepiting.

2. Teh Hijau
Teh hijau, yang mempunyai manfaat gizi sangatlah tinggi, yaitu teh yang sangatlah populer ; terutama di Asia. Sesudah daun teh hijau dipetik, sistem setelah itu yaitu daun dikeringkan dengan hawa panas. Daun lalu digoreng sangrai tetapi tak difermentasikan, hingga kandungan gizi atau nutrisi dan vitaminnya yang tinggi bisa terbangun dengan baik. Teh hijau kaya vitamin C yang tingkatkan kekebalan badan serta melindungi kesehatan badan. Flouride yang terdapat di dalamnya juga menolong menguatkan tulang serta menghindar rusaknya gigi.

3. Teh Putih
Teh putih terbuat dari daun teh yang masih tetap sangatlah muda serta terdapat dibagian bawah pohon. Daun teh putih tak difermentasi, tetapi dikukus lantas dikeringkan dibawah cahaya matahari. Lantaran tak lewat sistem fermentasi, atau cuma memperoleh fermentasi alamiah kecil serta lantaran sistem alam, daun teh putih memiliki kandungan beragam senyawa kimia yang menolong melawan kanker. Seduhan teh ini mempunyai warna putih keperakan, berbau harum serta manis, dan rasa yang fresh. Sebagian variasi teh putih salah satunya yaitu Jarum Perak, Peony Putih, serta Jarum Perak Melati.
10 Jenis Teh yang Baik untuk Kesehatan

4. Teh Hitam
Teh hitam yaitu type teh yang lebih teroksidasi dari pada teh oolong, teh hijau, serta teh putih. Didunia barat, teh hitam kerapkali digabung dengan sebagian type daun serta membuahkan sebagian varian minuman teh hitam. Sesudah daun teh dipetik, dikerjakan sistem fermentasi penuh sampai daun berwarna gelap atau kehitaman. Dengan kombinasi spesifik, teh hitam dapat memiliki kandungan rasa buah serta bahkan juga rasa pedas. Teh hitam di kenal menolong kurangi kemungkinan stroke. Kandungan antioksidannya menolong kurangi pembekuan pembuluh darah.

5. Teh Chamomile
Teh chamomile termasuk teh yang di buat dari bunga-bungaan, sama dengan teh bunga lavender. Bunga chamomile mempunyai aroma yang sangatlah harum serta termasuk juga ke keluarga daisy. Teh ini menolong menangani permasalahan sakit gigi, insomnia, kram otot, serta menolong kurangi pembengkakan (inflamasi) pada iritasi kulit.

6. Teh Kuncup Mawar (Rosebud)
Seperti namanya, teh type ini terbuat dari kuncup atau kuntum bunga mawar. Teh ini mempunyai aroma mawar yang sangatlah harum dan rasa yang enteng tetapi manis. Teh rosebud umumnya diseduh dengan sebagian type teh yang lain. Minyak atsiri (esensial) didalam teh ini bisa menolong sistem aliran didalam badan.

7. Teh Paraguay Mate
Teh ini di kenal juga sebagai mate, kurang demikian di kenal di lokasi Asia, tetapi adalah salah satu minuman kesukaan di lokasi Amerika Selatan. Paraguay Mate diseduh dengan beragam rempah-rempah serta diminum lewat cara dihirup memakai sedotan yang terbuat dari buah labu. Teh ini berguna dalam menolong menangani sebagian permasalahan kesehatan termasuk juga depresi, masalah pencernaan, serta menolong tingkatkan daya dan stamina.

8. Teh Susu
Sesungguhnya terdapat banyak jenis teh susu, tetapi yang paling di kenal yaitu seduhan teh susu ala India serta Srilanka, yang terbuat dari teh hitam digabung rempah-rempah serta susu. Rempah-rempah yang digabungkan salah satunya yaitu jahe, kapulaga, serta kayu manis. Diluar itu, minuman teh ini seringkali juga digabung dengan type teh lain seperti teh hijau, hingga kandungan nutrisi serta faedahnya pada kesehatan sangatlah besar,

9. Teh Merah
Teh merah adalah minuman tradisional di Afrika serta sangatlah kaya anti-oksidan. Teh type ini sudah dapat dibuktikan menolong tingkatkan kemampuan system kekebalan badan serta bebas cafein.

10. Teh Wild Holy
Teh paling akhir dalam daftar 10 Teh Kesehatan kesempatan ini tidaklah type teh yang dapat dikonsumsi juga sebagai minuman sehari-hari. Terasa sangatlah pahit, serta memanglah ditujukan juga sebagai minuman penyembuhan. Teh ini mempunyai sederet daftar faedah serta manfaat dalam menangani beragam type penyakit, salah satunya yaitu keluarkan toksin didalam badan (detoksifikasi), menolong memperlancar aliran darah, tingkatkan manfaat pencernaan, mengontrol desakan darah, serta menangani obesitas.

Zat dalam Secangkir Teh yang Bermanfaat

Karena itu selain sebagai minuman ringan, teh juga dapat digunakan sebagai terapi untuk kesehatan. Jika kita meminum secangkir teh, maka kita setidaknya tahu apa saja zat terbaik yang ada di dalam secangkir teh yang kita minum. Zat apa saja yang terdapat dalam teh sehingga membuatnya dikenal sebagai minuman kaya manfaat? Berikut ini beberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh.

-Polifenol
Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan.

-Vitamin E
Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

-Vitamin C
Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

-Vitamin A
Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi.

Patut Dihindari saat Minum Teh

Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:

  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Khasiat Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Jenis-Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan