Khasiat Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Khasiat santan kelapa untuk kesehatan salah satunya memiliki peran sangat penting pada pembentukan sistem imunitas alias kekebalan tubuh.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar Khasiat Santan Kelapa Untuk Kesehatan. Seperti yang telah kita ketahui, sejak zaman dahulu hingga sekarang, santan kelapa kerap kali digunakan sebagai bahan masakan yang berguna untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dan gurih. Namun tahukah anda apakah khasiat santan kelapa yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan kita? nah, sebelum membahas mengenai sejuta manfaat dan khasiat santan kelapa untuk kesehatan , ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai buah kelapa dan nutrisi dalam buah kelapa!.

Informasi Sekilas Mengenai Buah Kelapa dan kandungan Nutritinya

Khasiat Santan Kelapa Untuk KesehatanKelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo. Kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah. Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.

Buah kelapa bisa dikembangkan menjadi produk-produk pangan dan non-pangan sehingga nilai ekonomisnya bisa semakin meningkat. Sejauh ini, produk olahan buah Kelapa yang diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan ialah VCO. VCO ini merupakan minyak yang dihasilkan melalui proses tertentu dan seasli mungkin sebagaimana dalam keadaan alaminya. Banyak orang yang mengetahui bahwa manfaat dari VCO ini bersifat anti-bakteri, anti-virus, anti-fungi, dan juga berperan dalam mengendalikan kolesterol jahat dalam darah dan kesehatan jantung.

Dan selain VCO tersebut, ternyata ada bagian-bagian lainnya dari buah Kelapa yang juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan manusia. Mari kita perhatikan uraian berikut!

-Daging Buah Kelapa
Yang terkandung dalam daging buah Kelapa ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa adanya proses hidrolisis dan enzimatis. Sedangkan minyak yang memiliki rantai karbon yang panjang harus melalui beberapa tahapan dulu untuk diproses di dalam pencernaan manusia sebelum akhirnya dapat diserap dinding usus lewat beberapa proses yang panjang.

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak memengaruhi kolesterol darah. Dan terkait dengan manfaatnya, asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik sebagai anti-fungsi, anti-protozoa, anti-bakteri, dan juga anti-virus.

-Air Kelapa
Tak hanya minyak dan dagingnya saja yang memiliki banyak manfaat, namun air Kelapa juga disinyalir mengandung banyak zat gizi. Kalau selama ini pemanfaatan air Kelapa hanya terbatas pada mengolahnya menjadi nata de coco, maka dengan kandungannya yang padat gizi, air Kelapa bisa dikembangkan lebih dari itu.

Menurut hasil analisis, dalam air Kelapa tua mengandung sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Air Kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium , tembaga, besi, dan lainnya.

Makanya dengan banyak kandungan zat gizi tersebut menjadikan air Kelapa sangat kaya khasiat seperti untuk mengobati penyakit usus, penyakit kolera, muntah-muntah, cacar, campak, dan juga penyakit kulit lainya.

Air Kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik karena di dalam airnya memiliki kandungan mineral danĀ  gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit.

Berikut Manfaat dan Khasiat Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Santan kelapa merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang kerap digunakan untuk memasak. Santan diperoleh dari hasil perasan dan parutan daging kelapa yang ditambahkan dengan sedikit air. Rasanya yang gurih dan berlemak, membuat cita rasa masakan makin lezat dan disukai. Dibawah ini beberapa khasiat santan kelapa untuk kesehatan :

1. Untuk tulang sehat dan kuat
Seringkali kita percaya bahwa kalsium saja sudah cukup untuk membuat tulang kita sehat dan kuat. Tapi itu tidak benar. Tubuh kita membutuhkan Fosfor bersama kalsium untuk memiliki tulang sehat, kuat dan kokoh. Santan merupakan sumber dari fosfor.

2. Kaya zat besi
Penyebab anemia adalah karena kekurangan zat besi. Defisiensi anemia menyebabkan produksi hemoglobin menurun dan sangat berpengaruh dalam produktivitas tubuh. Santan adalah sumber dari zat besi.

3. Menurunkan berat badan
Walaupun memiliki bentuk fisik yang mirip dengan susu, sanan sangatlah berbeda. Santan tidak membuat Anda gemuk, namun sebaliknya santan kelapa justru membantu dalam menurunkan berat badan. Santan mengandung serat makanan yang mana akan membuat perut Anda mudah dan awet kenyang. Ini sangat baik dalam mengontrol berat badan.

4. Kaya antioksidan
Manfaat santan selanjutnya adalah melindungi tubuh dari gangguan radikan bebas dengan sifat antioksidan yang dimilikinya.

5. Melawan penuaan dini
Antioksidan dalam santan kelapa membantu pencegahan tanda-tanda penuaan dini terjadi.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Santan juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Santan kelapa juga memerangi infeksi pilek dan batuk.

7. Baik untuk kulit dan pembuluh darah
Vutamin C dan tembaga ditemukan dalam santan kelapa. Kedua nutrisi ini penting untuk menjaga fleksibilitas dan elastisitas kulit serta pembuluh darah.

8. Menjaga tekanan darah
Air kelapa mengandung potasium yang sangat baik dalam menjaga atau menstabilkan tekanan darah yang sehat. Mengkosumsi santan dan air kelapa juga baik untuk penderita hipertensi.

9. Baik untuk kelenjar prostat
Santan kelapa mengandung seng (zinc) yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar prostat.

10. Membantu mengatasi kram / nyeri otot kronis
Santan kelapa mengandung magnesium dalam jumlah yang baik. Ini merupakam nutrisi penting dalam membantu Anda merasa lebih baik jika Anda menderita kram otot atau sering nyeri.

11. Suplemen multivitamin multimineral alami
Manfaat santan kelapa yang terahir adalah sumber dari berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E. Santan juga mengandung berbagai mineral penting seperti folat, besi dan mikronutrisi penting lain seperti Selenium, Sodium, Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Kalium.

Dengan banyak kandungan zat gizi baik di dalam daging, minyak maupun air Kelapa, buah ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk untuk kesehatan tubuh. Sekian yang dapat kami sampaikan semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga artikel kami yang lainnya : Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk Kesehatan

Khasiat Santan Kelapa Untuk Kesehatan