Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk Kesehatan

Manfaat mengejutkan kapulaga untuk kesehatan ini sudah terkenal di berbagai negara seperti India dan arab yang baik untuk mencegah kanker.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi green world pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar kesehatan yang akan mengutip tentang Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk Kesehatan. Nah, selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Beberapa manfaat kesehatan rempah-rempah ini sekarang membuatnya banyak digunakan dalam study modern. Untuk itu, selayaknya jika kita juga menambahkan kapulaga sebagai salah satu sumber makanan, bukan hanya sebagai penambah rasa saja, tetapi manfaat kesehatan merupakan salah satu yang perlu dipertimbangkan dari kapulaga.

Informasi Menarik Seputar Kapulaga Rempah-rempah Yang Memiliki Banyak Khasiat Untuk Kesehatan

Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk KesehatanKapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Kapulaga sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Kapulaga India diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia. Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga membudidayakannya. Polong biji Elettaria berwarna hijau terang, sementara polong biji Amomum lebih besar dan berwarna cokelat tua. Kini kapulaga adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

Apa saja Nutrisi yang dikandung Kapulaga?

Kapulaga mengandung +/- 300 kalori per 100 gram. Kandungan lain kapulaga adalah serat, lemak, silikat, gula, terpinol, protein, beta-kamper, alfa borneol, karbohidrat, minyak atsiri, kalium, kalsium, natrium, zat besi, Vitamin A, Vitamin B, vitamin C, dan Magnesium.

Kandungan Nutrisi

TABEL KANDUNGAN NUTRISI

Kandungan Nutrisi Kapulaga per 100 g.

PrincipleNutrient ValuePercentage of RDA
Energi311 Kcal15.5%
Karbohidrat68.47 g52.5%
Protein10.76 g19%
Lemak6.7 g23%
Kolesterol0 mg0%
serat28 g70%
Vitamins  
Niacin1.102 mg7%
Pyridoxine0.230 mg18%
Riboflavin0.182 mg14%
Thiamin0.198 mg16.5%
Vitamin A0 IU0%
Vitamin C21 mg35%
Electrolytes  
Sodium18 mg1%
Potassium1119 mg24%
Minerals  
Calcium383 mg38%
Tembaga0.383 mg42.5%
Zat Besi13.97 mg175%
Magnesium229 mg57%
Manganese28 mg1217%
Phosphorus178 mg25%
Seng7.47 mg68%

-Tanaman rempah-rempah ini banyak mengandung senyawa kimia yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.
-Mengandung banyak minyak atsiri yang penting bagi tubuh, seperti pinene, sabinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, terpinen, a-terpineol, asetat terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, dan trans-nerolidol.
-Sifat terapeutik pada minyak kapulaga minyak telah banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, menjaga pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik.
-Kapulaga merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. dimana kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.
-Selain itu, kapulaga merupakan sumber dari zat besi dan mangan. 100 g polong mengandung zat besi 13,97 mg atau sekitar 175% dari rekomendasi asupan gizi harian. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme sel. Mangan adalah co-faktor untuk enzim, superoksida dismutase, serta penangkal radikal bebas.
-Kapulaga juga kaya akan vitamin yang penting bagi tubuh seperti riboflavin, niasin, dan vitamin C.

Berikut Ini Manfaat Mengejutkan Kapulaga Bagi Kesehatan Tubuh

Selain sangat baik untuk dijadikan sebagai bumbu dapur, Kapulaga juga bagus untuk menjaga kesehatan serta kecantikan seperti :

  • Meningkatkan peredaran darah
    Kapulaga membantu untuk melancarkan peredaran darah. Rempah-rempah ini juga punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, dan mencegah Pembekuan Darah. Hal ini terkait dengan serat dan kalium yang dikandung olehnya. Tekanan darah menjadi normal akibat natrium di dalam tubuh netral.
  • Mencegah keasaman pada Lambung
    Bagi anda penderita Maag, Kapulaga baik untuk anda. Hal ini terkait peran Kapulaga dalam membantu Empedu.
  • Mencegah Osteoporosis
    Untuk menjaga kesehatan tulang, ada dua zat yang sangat diperlukan yaitu vitamin C dan Mangan. Terutama bagi wanita di masa pasca menopause.
  • Menghilangkan Rasa Nyeri
    Kapulaga bersifat analgesik, menghilangkan nyeri otot, rasa sakit, dan kejang. Kapulaga juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada gusi.
  • Menjaga Kesehatan ginjal
    Penelitian menemukan bahwa Kapulaga bersifat diuretik dan berperan dalam kesehatan ginjal. Kapulaga juga efektif mengobati penyakit di saluran kemih, seperti sistitis dan nefritis.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan
    Dengan mengkonsumsi kapulaga dapat meningkatkan Kekebalan tubuh. Hal ini baik untuk perlawanan terhadap bakteri maupun patogen lain.
  • Menghilangkan Depresi
    Kapulaga dapat digunakan sebagai aromaterapi, mengurangi ketegangan syaraf, mengatasi depresi. Seduh segelas kapulaga saat depresi membuat suasana hati membaik.
  • Baik untuk kesehatan perutKapulaga bermanfaat untuk mengontrol kesehatan empedu dan cairan lambung sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit asam lambung.
  • Baik untuk jantungKapulaga memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah rendah. Oleh sebab itu kapulaga baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Selain manfaat tersebut kapulaga juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.
  • Baik untuk tulangKapulaga mengandung dua zat penting yang baik untuk kesehatan tulang yaitu mangan dan vitamin C. Kedua zat ini juga mempunyai peranan penting untuk mencegah osteoporosis.
  • Memiliki sifat analgesikSifat analgesik dari kapulaga mampu menghilangkan rasa sakit, nyeri otot, dan kejang. Selain itu, kapulaga juga mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak.
  • Meningkatkan gairah seksualKapulaga telah lama dikenal memiliki sifat afrosidiak sehingga mampu menghindarkan Anda dari impotensi dan ejakulasi dini.
  • Meningkatkan suasana hatiKapulaga juga memiliki sifat anti depresan. Oleh karena itu apabila Anda sedang merasa sedih atau tidak bersemangat, secangkir teh kapulaga mampu meningkatkan suasana hati Anda.
  • Sebagai AfrosidiakKhasiat kapulaga dalam meningkatkan gairah seksual sudah lama diketahui. Ini juga menjadikan kapulaga sebagai rempah yang bisa membantu mencegah impotensi dan disfungsi seksual lainnya.
  • Meringankan Nyeri RematikSeluruh bagian tanaman kapulaga, yaitu daun, buah, dan batangnya, dapat direbus sampai mendidih kemudian disaring. Saringan air rebusan kapulaga tersebut dapat diminum untuk mengurangi nyeri akibat rematik.
  • Sebagai Antioksidan AlamiMinyak kapulaga yang berasal dari biji kapulaga memiliki antioksidan yang limpah. Minyak kapulaga bisa mencerahkan warna kulit serta meremajakan sel-sel kulit. Minyak ini juga biasa digunakan sebagai bahan pelembap bibir untuk mengatasi bibir kering.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk Kesehatan, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Baca juga artikel kami lainnya : Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Mengejutkan Kapulaga Untuk Kesehatan