Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan

Tips untuk Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan sangat penting, apalagi untuk ibu dengan kehamilan pertama mereka.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang merupakan agen resmi green world terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi menarik seputar kesehatan yang akan mengutip Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan. Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengalami kehamilan di Trimester Pertama lebih baik simak sampai tuntas pada pembahasan artikel cara menjaga kesehatan janin diawal kehamilan!.

Kiat serta tips agar bumil dan janin tetap sehat tentunya harus diketahui dan dipahami dengan baik oleh para ibu hamil. Hal ini penting karena dengan mengetahui akan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di kandungan dan rahim akan memberikan dampak pengaruh yang baik dan positif terhadap keduanya.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan

Berada di awal masa kehamilan memang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan, sebab pada momen awal ini janin masih sangat sensitif. Kehamilan pada minggu-minggu awal memang sangat rawan, jika tidak hati-hati, akibat paling parah yang bisa muncul adalah gugurnya janin. Sebagai seorang ibu, tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu penting untuk menjaga kehamilan ekstra hati-hati.

Merawat kehamilan pada trimester pertama memang bukan hal yang mudah mengingat beberapa gaya hidup, pola kerja dan makanan memerlukan adaptasi dengan kehamilan anda. Selain itu perubahan fisik menjadi salah satu yang harus anda perhatikan bila mengarah ke hal yang abnormal konsultasikan segera pada dokter anda. Umumnya pada trimester pertama terjadi beberapa perubahan fisik dan psikologis yang dipengaruhi oleh hormon. Morning sickness merupakan perubahan yang membuat anda memerlukan cara untuk mengatasinya. Perasaan mual dan ingin muntah terjadi hampir sepanjang hari sehingga anda lebih memilih beberapa makanan dan minuman saja yang dirasa dapat diterima oleh tubuh anda. Padahal memilih makanan apalagi menghindari makanan yang bergizi untuk asupan ibu hamil akan menggangu perkembangan
janin.

Baca juga artikel kami lainnya : Cara Meningkatkan Kesuburan Rahim Wanita

Cara sederhana yang perlu anda lakukan demi menjaga janin pada kehamilan trimester pertama adalah sebagai berikut :

  • Hindari aktifitas berat

    Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mudah lelah dan bahkan kadang pingsan karena darah rendah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak memaksakan diri melakukan tugas berat. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan salah, terlalu lama berdiam diri akan membuat badan lebih mudah lemas dan tidak nyaman. Bila perlu, lakukan semua aktifitas secara terjadwal. Jika anda wanita karir, tips menjaga kehamilan usia muda adalah saat di trimester pertama. Pada tahap tersebut, tubuh perlu penyesuaian karena tidak hanya fisik dan psikologis yang berubah, tapi juga faktor hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kinerja anda. Sangat penting bagi anda untuk menghindari steress sehingga hormon tidak memicu konstraksi rahim yang akan meningkatkan resiko keguguran.

  • Kendalikan emosi

    Saat hamil, ada banyak ujian karena saat masa-masa hamil, wanita lebih mudah terbawa emosi. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormone yang tentunya akan mempengaruhi tingkat stress anda yang dapat membahayakan janin. Demi si jabang bayi, mengelola emosi dan mengendalikannya akan sangat bermanfaat misalnya dengan lebih mendekatkan diri ke Tuhan, bermeditasi dan bercengkrama dengan suami sebagai tips menjaga kehamilan usia muda. Lakukan semua hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga mampu menstabilkan emosi. Perlu diwaspadai bahwa mengelola emsi sangat penting terutama bagi calon ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu rileks.

  • Jaga nutrisi
    Tips menjaga kehamilan usia muda selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi. Hamil muda seringkali dilengkapi dengan rasa mual sampai selera makan yang hilang. Meskipun normal, dalam keadaan tersebut tetap harus dipaksa agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangannya. Saat janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, resiko keguguran pun meningkat.
  • Hindari kebiasaan buruk

    Ada beberapa kebiasaan yang cukup buruk dan harus dihilangkan saat hamil. Misalnya dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan, menghindari kafein dan juga alkohol yang tentunya membahayakan kehamilan anda karena akan menghambat pertumbuhan bayu. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa bagi ibu perokok, peluang janin terlahir tidak sempurna lebih tinggi. Sebagai tips menjaga kehamilan usia muda, sangat disarankan untuk menghindari kafein karena mempengaruhi jumlah zat besi dan memperburuk anemia.

  • Konsultasikan kehamilan dengan bidan atau dokter kandungan

    Cara menjaga kehamilan muda adalah dengan berkonsultasi secara rutin pada bidan atau dokter kandungan. Bawa selalu buku laporan yang berwarna pink untuk mencatat riwayat kehamilan anda. Sangat disarankan bagi anda untuk terus mengkonsultasikan berbagai keluhan mulai dari pusing, mual atau bahkan muntah. Jika bidan atau dokter kandungan secara mudah dapat mengetahui tentang kesehatan kehamilan anda lewat keluhan, tentunya akan mudah bagi mereka untuk membedakan hal-hal yang normal dan abnormal yang anda alami. Jika tubuh mengalami pendarahan yakni di daerah vagina, muntah hebat yang terus terjadi, demam tinggi atau bahkan keputihan yang tidak biasa, sangat penting bagi anda untuk terus berkonsultasi.

  • Kurangi frekuensi hubungan seksual

    Terakhir, berhubungan seksual adalah hal yang normal untuk suami dan isteri. Jika sebelumnya hubungan seksual dapat terjadi dalam frekuensi yang cukup tinggi, sangat direkomendasikan saat hamil di periode awal untuk mengurangi frekuensi berhubungan intim. Menurut banyak dokter kandungan, tingginya frekuensi berhubungan seksual di masa awal kehamilan adalah penyebab utama keguguran, apalagi saat kondisi wanita hamil saat berhubungan sedang tidak fit. Selain itu, orgasme akan membuat rahim berkontraksi. Sedangkan di awal kehamilan, rahim belum memiliki kekuatan maksimal karena penyesuaian kehidupan dalam rahim. Selain itu, embrio masih dalam gumpalan darah dan belum sempurna. Berhubungan seksual juga harus memperhatikan posisi supaya tidak menindih perut. Tekanan yang terlalu berat akan memicu keguguran. Bahkan, beberapa dokter menyarakan agar ejakulasi dilakukan diluar vagina karena kandungan prostaglandin dalam sperma mampu merangsang kontraksi uterus penyebab keguguran.

  • Hindari konsumsi kafein berlebih
    Batasi jumlah asupan kafein. Terutama apabila Anda adalah pecandu kopi, ada baiknya Anda menggantikan kopi dengan jus buah segar saja. Kopi dengan dosis kafein tinggi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi penyerapan zat besi.
  • Relaksasi
    Relaksasi penting bagi calon Ibu untuk menghindarkan dari stress maupun kelelahan selama awal kehamilan. Lakukan senam kehamilan dan olahraga ringan seperti jalan di pagi hari sambil menikmati keindahan alam. Bisa juga dengan mulai latihan mengatur pernafasan karena hal ini sangat penting untuk menghilangkan rasa sakit saat mulai terjadi kontraksi di akhir masa kehamilan. Relaksasi ini bisa dilakukan secara rutin sehingga kehamilan jadi lebih sehat dan janin tumbuh dengan kuat di dalam rahim Anda.
  • Menghindari makanan yang mengandung keju
    Sebaiknya hindari konsumsi keju yang dibuat dari susu non pasteurisasi karena berpotensi terkontaminasi bakteri listeria. Bakteri yang umum ditemukan di tanah, air, tanaman mati dan kotoran hewan ini merupakan organisme yang sangat umum sehingga dapat dengan mudahnya masuk dalam makanan. Bakteri ini bisa memicu terjadinya keguguran karena merusak sel-sel janin yang seharusnya berkembang khususnya di masa awal kehamilan.

Manfaat Menjaga Kesehatan Kehamilan

Jika seorang ibu hamil rajin dan pintar dalam menjaga kesehatan, maka akan memperkecil datangnya hal-hal yang buruk. Adapun manfaat yang bisa dirasakan yaitu ibu hamil akan merasa rileks dan nyaman, kondisi janin sehat dan tetap terjaga dengan baik, mengurangi risiko keguguran dan kematian. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan ibu hamil untuk para ibu.

Nah jika anda sedang mengandunga, maka tips menjaga kehamilan yang telah di sebutkan dan di jelaskan di atas dapat anda gunakan sebagai patokan anda. setiap ibu hamil tentu saja menginginkan segalanya yang terbaik untuk janinnya, oleh sebab itu anda harus benar benar menjaga kesehtan tubuh anda sehingga janin di dalam perut anda pun akan terlahir sehat.

Terimakasih atas kunjungannya, dan terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Cara Menjaga Kesehatan Janin Di Awal Kehamilan