Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Tubuh

Pentingnya mengetahui Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Tubuh untuk kesehatan karena kuning telur mampu meningkatkan daya kembang otak.

Selamat datang di http://obatherbalagarcepathamil.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi Green World pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan. Anda perlu mengetahui akan kandungan yang dihasilkan telur sehingga telur dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat kuning telur untuk kesehatan | Telur merupakan salah satu lauk favorit keluarga Indonesia, telur memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Mengkonsumsi telur dalam menu makan anda akan menambah suplai protein dalam tubuh. Selain itu manfaat kuning telur adalah mampu meningkatkan daya kembang otak. Oleh karena itu anak-anak dianjurkan sejak dini untuk mengkonsumsi telur, baik itu bagian kuning telur maupun pada bagian putih telur, karena keduanya juga kaya akan kandungan vitamin yang diperlukan tubuh.

Informasi Seputar Telur dan Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Tubuh Yang Menakjubkan

Manfaat Kuning Telur Untuk KesehatanTelur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.

Nilai Gizi yang dihasilkan Telur

Kandungan gizi kuning telur ini yang menjadikan manfaat kuning telur bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

-Mengandung banyak mineral
Zat gizi mineral essensial digunakan untuk mengelola fungsi tubuh. 13 macam mineral seperti potasium, selenium, magnesium dan besi terdapat pada kuning telur. Memang bagian putih telur juga mengandung mineral, namun kandungan mineral di kuning telur lebih besar ketimbang yang ada pada putih telur.

-Mengandung Kolin
Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral membantu memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Kandungan kolin pada kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang dapat menekan resiko gejala penyakit jantung. Kandungan kolin juga merupakan zat anti inflamasi, yang akan mengurangi rasa sakit pada penderita penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis.

-Kaya Zat Besi
Pada ibu hamil ada kecenderungan mengalami kekurangan darah, karena kandungan hemoglobin menurun. Mengkonsumsi telur kuning mentah, dapat mensiasati masalah ini. Tentunya baik pula bagi pertumbuhan janin.

Berikut inilah Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa telur baik untuk kesehatan. Namun banyak orang yang menghindari kuning telur karena dianggap terlalu berlemak dan mengandung banyak kalori. Padahal kuning telur juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan kuning telur yang bisa mengalahkan berbagai macam hal buruk yang selama ini dipercaya oleh banyak orang :

1.Sumber Melengkapi Kebutuhan Gizi Tubuh

Kuning telur merupakan sumber utama kebutuhan gizi tubuh manusia, kuning telur mengandung sangat banyak mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh. Bahkan kuning telur juga merupakan salah satu sumber makanan yang paling banyak mengandung vitamin b kompleks, manfaat vitamin b kompleks tentu sangat penting bagi tubuh kita.

Kuning telur dapat dikatakan sebagai salah satu makanan super yang memiliki gizi lengkap untuk tubuh manusia yang dapat memenuhi angka kecukupan gizi.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kuning telur memiliki kandungan AA dan DHA  yang sangat cocok untuk meningkatkan fungsi otak manusia, nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak, wanita hamil, dan orang orang yang membutuhkan tambahan nutrisi untuk keseimbangan fungsi saraf dan otaknya.

3. Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)

Lemak yang terkandung dalam telur memang membuat sebagian orang menjadi khawatir dalam mengkonsumsi nutrisi sehat ini. Orang yang memiliki tingkat HDL yang tinggi cenderung dapat menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, risiko stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

4. Kesehatan Jantung dan Kardiovaskular

Jangan khawatir lemak yang terkandung dalam telur termasuk dapat meningkatkan HDL, sehingga aman untuk kesehatan jantung dan masalah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Khasiat ini didapatkan dari kandungan kolin yang sangat tinggi di kuning telur.

Studi yang dilakukan oleh University of Connecticut telah membuktikan hubungan konsumsi telur dengan orang yang mengkonsumsi telur 3 – 4 butir per hari. Hasilnya membuktikan bahwa tidak ada perubahan terhadap level kolesterol yang terkandung dalam tubuh mereka, studi ini telah direview oleh Dr. Maria-Luz Fernandez.

5. Baik Untuk Kesehatan Mata, Tulang, dan Gigi

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, E, D, K yang sangat membantu kesehatan mata, tulang dan gigi. Selain itu kuning telur juga memiliki kandungan vitmain B12 atau yang dikenal dengan b kompleks yang cukup baik bagi tubuh kita termasuk di antaranya adalah tulang dan gigi.

6. Sumber energi yang sangat besar 

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan energi yang sangat ampuh, memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi membuat anda akan langsung ‘melejit’. Jika anda kekurangan energi atau lemas ada baiknya mengkonsumsi telor dibandingkan konsumsi minuman berenergi yang berbahaya.

7.Meningkatkan Testosteron

Kuning telur mengandung zinc yang terkonsentrasi. Zinc (seng) adalah trace mineral dan tidak mudah tersedia dalam sumber makanan. Jadi, makan kuning telur dapat membantu pria meningkatkan tingkat hormon laki-lakinya.

8.Mencegah Penggumpalan Darah

Selama ini Anda mungkin hanya mendengar bahwa kuning telur tinggi kolesterol dan karenanya tidak sehat untuk jantung. Namun, protein yang ada di bagian kuning telur dapat menunda pembentukan gumpalan darah.

9.Anti Inflamasi (Peradangan)

Kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat anti inflamasi. Ini berarti orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis, dapat mengonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit.

10.Sistem pencernaan

Dalam kuning telur terdapat asam lemak omega 3 yang baik untuk sistem pencernaan, sama halnya dengan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan serta kandungan protein hewani yang sangat bagus untuk kelancaran sistem metabolisme tubuh.

Manfaat Kuning Telur Bagi Rambut

Manfaat kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, protein, lipid, dan mineral bagus untuk kesuburan rambut. Selain itu protein yang terdapat pada telur bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lipid atau lemak yang ada pada kuning telur juga dipercaya bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut. Telur melembabkan rambut kering dengan mencampurkan kuning telur, dengan madu, minyak almond dan minyak zaitun.

Oleskan pada rambut kemudian tutup dengan rambut, setelah meresap cuci rambut sampai bersih. Pada rambut berninyak, juga dapat dilakukan treatment creambath dengan kuning telur dicampur dengan perasan jeruk.

Ramuan ini dioleskan dan dibiarkan meresap dulu pada kulit kepala selama tiga puluh menit. Kemudian bilas hingga bersih. Selanjutnya, anda akan menikmati rambut yang cantik berkilau dan bebas dari minyak dengan manfaat buah jeruk.

Dan inilah Jenis Telur yang bisa dimakan dan Banyak Gizinya

Jika berbicara tentang telur, biasanya mengacu pada telur ayam. Padahal, ada banyak jenis telur lainnya dan bisa dimakan. Bahkan setiap jenis telur memiliki manfaat berbeda bagi kesehatan.

Berikut beberapa jenis telur yang anda bisa rasakan manfaat nutrisinya :

1. Telur ayam putih

Telur ayam putih merupakan jenis paling umum dari telur yang dimakan. Telur ayam putih kaya protein, kalsium, dan seng.

2. Telur ayam cokelat

Telur cokelat juga telur ayam, sama halnya dengan telur ayam putih. Bedanya, telur cokelat dihasilkan oleh ayam cokelat atau ayam merah. Nilai gizi pada telur putih dan telur cokelat terbilang sama.

3. Kaviar

Kaviar adalah telur ikan yang diberi garam dan diawetkan. Kaviar kaya antioksidan serta mengandung kekayaan mineral laut. Kaviar tidak hanya bergizi, tapi juga merupakan hidangan populer dengan harga mahal.

4. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur burung yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding telur ayam. Memiliki warna dasar putih dengan bintik cokelat serta hitam agak besar. Telur ini sangat bergizi karena kaya vitamin D dan B12.

5. Telur bebek

Telur bebek berwarna putih seperti telur ayam putih hanya bentuk lekukannya agak datar. Telur ini dipenuhi dengan kelompok vitamin B kompleks. Tapi, jangan konsumsi telur ini jika Anda cenderung memiliki alergi.

6. Telur kalkun

Telur kalkun jelas jauh lebih besar dibanding telur ayam. Telur ini populer di negara-negara yang terdapat populasi kalkun. Telur kalkun kaya akan kalsium RDA (kalsium yang dibutuhkan setiap hari untuk menjaga kesehatan).

7. Telur ayam kate

Telur ayam kate tampak seperti telur ayam umumnya, tapi ukurannya lebih kecil. Ayam kate sebenarnya sejumlah kecil dari jenis ayam. Hanya saja, telur ayam kate lebih kaya zat besi dan makanan yang bagus untuk wanita.

8. Telur angsa

Telur angsa merupakan telur burung terbesar. Rasanya mirip telur ayam, tapi lebih banyak protein.

9. Telur hilsa

Telur ikan hilsa sangat populer di India. Biasanya digoreng dengan adonan dan dimakan sebagai camilan. Telur hilsa kaya asam lemak Omega-3 dan bergizi bagi ibu hamil.

Itu adalah penjelasan mengenai manfaat kuning telur untuk kesehatan. Namun, jika anda pasien jantung, orang dengan tekanan darah tinggi atau kadar trigliserida tinggi harus benar-benar menghindari kuning telur atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jaga selalu kesehatan anda.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Cara Alami Percantik Bulu Mata

Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan