7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Yang Paling Aman

Inilah 7 cara mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur secara alami yang dapat anda lakukan dengan mudah dan aman.

Selamat datang di website resmi Agen Produk Green World salah satu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Selain dengan merekomendasikan produk herbal terbaik, kami juga selalu memberikan pelayanan atau berbagi informasi kesehatan yang menarik untuk anda simak. Seperti yang akan kami kutip berikut ini mengenai 7 cara mengatasi kebiasaan mendengkur.

7 cara mengatasi kebiasaan mendengkur | Kebiasaan mendengkur atau ngorok saat tidur yang sering kamu lakukan tanpa sadar, tentunya akan sangat mengganggu teman atau pasangan yang tidur bersama kamu. Mungkin tidak jarang mereka terbangun tengah malam dan sulit untuk tidur kembali karena suara dengkuran kamu yang sangat menggangu.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan mendengkur? Bagaimana cara mengatasinya?

Tidur mendengkur (ngorok) merupakan salah satu tanda dari pernafasan yang terhalang, hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Arthur Kotch, M.D., Direktur Kesehatan dari The Sleep Disorders Center di Rumah Sakit Danbury, Connecticut.

Pada dasarnya mendengkur disebabkan oleh menyempitnya saluran udara, baik ditenggorokan maupun dilubang hidung. Akibatnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun dapat berkurang. Sebenarnya, suara dengkuran atau ngorok bersumber dari getaran yang dibuat oleh udara karena ‘usahanya’ untuk bisa masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut, uvula, lidah, tonsil, dan/atau otot-otot yang ada di tenggorokan, ujar Dr. Joseph Mercola, dokter dan ahli bedah berlisensi. Jika udara yang anda hirup tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut saat anda tidur, maka kemungkinan besar anda akan mendengkur.

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi pendengkur dan beberapa diantaranya adalah :

  • Umur

    Seiring bertambahnya umur yang semakin tua, tenggorokan akan menjadi sempit dan kekencangan otot di tenggorokan akan menurun.

  • Kondisi tubuh tertentu

    Pria memiliki saluran udara yang sempit dibandingkan dengan wanita, jadi kemungkinannya pria lebih mungkin mendengkur. Tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.

  • Masalah hidung dan sinus

    Udara yang terhalang masuk akibat permasalahan pada hidung dapat membuat proses pernapasan menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan seseorang tidur mendengkur.

  • Kelebihan berat badan

    Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran.

  • Gaya hidup tidak sehat

    Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga berlaku pada pengonsumsian obat-obatan tertentu.

  • Posisi tidur

    Tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara, sehingga dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.

Inilah 7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Yang Paling Aman

  • Hindari alkohol dan obat penenang

Alkohol dan obat penenang merupakan salah satu penyebab utama dari mendengkur. Obat penenang dan alkohol dosis rendah cenderung dapat menekan saluran pernafasan dan mengganggu relaksasi otot. Cobalah untuk menghindari alkohol dan obat penenang. Selain tubuh menjadi sehat, Anda juga terhindar dari tidur mendengkur.

  • Ubah posisi tidur

Jangan sepelekan posisi tidur anda. Posisi tidur yang tidak benar akan menyebabkan anda mendengkur. Biasanya bunyi dengkuran akan terdengar saat tidur dengan posisi telentang. Hal ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat menimbulkan iritasi pada selapur lendir saluran pernapasan, yang kemudian akan menimbulkan pembengkakan pada bagian tersebut dan meningkatkan produksi lendir. Produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran pernapasan, dan pada akhirnya menimbulkan suara dengkuran.

  • Selalu gunakan bantal yang agak tinggi ketika tidur

Memposisikan kepala anda lebih tinggi dari badan beberapa inci dapat mempermudah pernapasan anda dan mendorong lidah serta rahang untuk bergerak ke depan. Maka dari itu, gunakanlah bantal ketika tidur. Di pasaran, sudah banyak tersedia bantal khusus yang dapat mencegah anda tidur dalam keadaan mendengkur dan memastikan otot leher anda tidak mengkerut.

  • Perhatikan makanan anda

Rasa lapar biasanya datang tanpa bisa diduga. Bisa saja Anda merasa lapar saat hendak beranjak tidur. Usahakan, agar Anda mengatur waktu makan. Jangan sampai, beberapa jam sebelum tidur Anda menghabiskan makanan ‘berat’ yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Hindari pula minum produk susu sebelum tidur, karena dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut anda.

  • Istirahat dan tidur teratur

Kamu sering lembur bekerja sehingga waktu istirahat jadi berkurang? Itu mungkin menjadi salah satu penyebab kamu tidur mendengkur. Hal tersebut karena saat tidur dalam keadaan yang terlalu lelah, otot tubuh tidak akan bekerja secara maksimal sehingga menimbulkan suara dengkuran. Maka dari itu, imbangilah antara aktivitas harian yang kamu lakukan dengan istirahat yang cukup.

  • Menurunkan berat badan

Harus kamu ketahui bahwa adanya tumpukan lemak dibelakang tenggorokan akan mengakibatkan lemahnya kemampuan otot berkontraksi dan menyebatkan sempitnya saluran pernapasan. Jadi, walaupun menurunkan berat badan hanya mengurangi sedikit tumpukan lemak dibelakang tenggorokan, tapi cara ini cukup efektif untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur atau ngorok ini. Untuk itu, kamu perlu melakukan diet ataupun olahraga secara teratur.

Untuk anda yang ingin menghilangkan mendengkur disaat tidur dengan cepat, ada baiknya anda mengikuti cara yang telah kami kutip seperti diatas sebagai 7 cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang paling aman yang dapat anda lakukan. Semoga artikel yang kami kutip bisa bermanfaat bagi anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Baca juga artikel kami lainnya : 5 Alasan Kenapa Anda Harus Tidur 8 Jam

7 Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur