Resiko Jenis Diet Rendah Karbohidrat

Resiko Jenis Diet Rendah Karbohidrat Dapat Menyebabkan Kematian Dini

Apakah anda masih ingin melakukan program diet jenis rendah karbohidrat? Lebih baik simak dengan tuntas ulasan tentang Resiko Jenis Diet Rendah Karbohidrat.

Resiko jenis diet rendah karbohidrat-, Banyak orang yang menginginkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal sehingga rela melakukan segala cara untuk mencapainya bahkan sampai tahap ekstrim. Metode yang sekarang cukup populer ialah diet rendah karbohidrat. Padahal hasil dari berbagai penelitian menunjukkan diet rendah karbohidrat justru mempunyai banyak dampak buruk terhadap kesehatan. Namun dampak buruk diet rendah karbohidrat ini baru akan dirasakan dalam jangka panjang.

Setiap program diet memiliki resiko dan keuntungan masing-masing, kita ambil contoh saja diet rendah karbohidrat dan bahayanya, diet jenis ini memang ada manfaatnya, namun apabila dibandingkan dengan resiko atau bahayanya, maka persentasenya akan bisa terjawab melalui penjelasan artikel kali ini.

Apa yang dimaksud dengan Diet Rendah Karbohidrat?

Diet jenis rendah karbohidrat ini adalah diet yang dilakukan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan asupan nutrisi lain seperti protein. Pada umumnya, tubuh memang bekerja secara alami untuk mengolah setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, demikian halnya dengan karbohidrat, semua dikonversi agar bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

Namun selain manfaatnya, karbohidrat pun memiliki nilai kurang manfaatnya, yaitu apabila asupan karbohidrat terlalu tinggi dan ada sisa yang dimanfaatkan oleh tubuh, maka tubuh secara alami pula akan mengubahnya menjadi lemak. Apabila hal ini dibiarkan tanpa dilakukan pembakaran, maka berat badan yang bertambah adalah manifestasinya.

Berikut penjelasan resiko jenis diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan kematian dini

Resiko Jenis Diet Rendah KarbohidratBagi anda penyuka diet rendah karbohidrat, maka berhati-hatilah. Karena berdasarkan 18 penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa diet rendah karbohidrat meningkatkan resiko kematian dini. Di mana hasil dari penelitian-penelitian tersebut menunjukkan adanya risiko yang besar dari diet rendah karbohidrat. Meningkatnya risiko dari diet rendah karbohidrat baru terasa dalam jangka panjang.

Menurut Profesor Peter Williams, ahli gizi dari University of Canberra, mengatakan bahwa risiko dari diet rendah karbohidrat baru terasa dalam jangka panjang. Memang ada beberapa manfaat diet rendah karbohidrat dan tinggi protein dalam jangka pendek, yakni selama satu tahun atau lebih. Namun, temuan dari berbagai penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya efek jangka panjang dari diet rendah karbohidrat, yaitu 30 persen diet rendah karbohidrat akan meningkatkan risiko kematian dini.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang melakukan diet karbohidrat dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan konsumsi karbohidrat mengalami penurunan ingatan dibanding mereka yang melakukan pengurangan karbohidrat namun tetap melakukannya dengan seimbang.Ini menunjukkan betapa sangat pentingnya konsumsi karbohidrat bagi tubuh.

Efek negatif diet rendah karbohidrat berlaku untuk jangka panjang

Meskipun belum ditemukan alasan yang pasti, tapi bukti dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa pembatasan asupan karbohidrat dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung dan diabetes. Dari semua makanan biasa masyarakat rata-rata, sekitar 45%-nya mengandung karbohidrat. Para ilmuwan sangat menyarankan bahwa didalam menu makanan kita sehari-hari haruslah mengandung sekitar 45%-65% karbohidrat.

Ingin tahu dampak negatif dari diet karbohidrat ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini :

#Merusak ginjal

Bahaya diet karbohidrat lainnya adalah dapat merusak ginjal. Dengan banyaknya asupan protein ke dalam tubuh, hal ini berarti akan membuat ginjal lebih bekerja keras. Jika program diet yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka semakin tinggi kadar protein di dalam tubuh justru akan semakin memperberat kerja ginjal bahkan bisa menyebabkan rusaknya fungsi ginjal dalam tubuh.

#Menyebabkan sembelit

Penyetopan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi merah, gandum, sayuran dan lain sebagainya yang juga mengandung serat tinggi akan membuat sistem pencernaan Anda semakin buruk yang justru bisa mengakibatkan susah buang air besar dan sembelit karena kurangnya asupan serat dalam tubuh.

#Menyebabkan osteoporosis

Bahaya diet karbohidrat berikutnya adalah menyebabkan osteoporosis. Dengan mengkonsumsi protein secara berlebihan dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus akan menyebabkan tingginya kandungan zat asam di dalam tubuh. Zat asam ini yang bisa menyebabkan kalsium keluar hingga melalui urin dari tulang dan memicu osteoporosis.

#Resiko penurunan ingatan

Berbagai penelitian menyatakan bahwa dengan menghilangkan atau menurunkan konsumsi karbohidrat secara kontinu dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya ingatan atau pelupa pada seseorang. Kurangnya karbohidrat, maka tidak ada zat lain yang bisa menggantikan peran untuk membantu otak berpikir dengan stabil.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai resiko jenis diet rendah karbohidrat. Untuk itu, Cermat dan teliti sebelum menjalankan program diet adalah hal paling bijak bagi tubuh anda. Catatan pentingnya adalah, mengurangi asupannya bukan menghentikan asupannya. Semoga artikel mengenai pembahasan resiko jenis diet rendah karbohidrat ini dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan kesadaran kita dalam kesehatan.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Cara Menggemukan Badan Dengan Cara alami

Resiko Jenis Diet Rendah Karbohidrat