Cara Merawat Wajah Berminyak

Tips Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Cara merawat wajah berminyak berikut tentu menarik untuk dikupas, karena kulit berminyak menjadi salahsatu masalah kulit yang umum dialami orang dewasa baik pria atau wanita.

Cara merawat wajah berminyak | Anda harus sangat memperhatikan kebersihan wajah jika anda memiliki tipe kulit yang berminyak. Mengapa? Karena minyak dapat dengan mudah mengikat debu dan kotoran, sehingga wajah anda menjadi lebih rentan kotor jika berminyak.

Kulit memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi kenyal. Namun kelebihan minyak pada kulit, wajah khususnya akan menambah masalah baru bagi kita.

Kelebihan minyak pada kulit wajah atau singkat saja kita sebut wajah berminyak akan menyebabkan kurangnya percaya diri saat tampil di depan umum karena wajah akan terlihat kusam dan mengkilap. Wajah berminyak juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah. Akibatnya pori wajah tertutup dan timbulah jerawat.

Beberapa penyebab wajah berminyak dan cara mengatasinya secara alami

Cara Merawat Wajah BerminyakSebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara merawat wajah berminyak, ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai penyebab wajah berminyak.

Makanan Yang Berlemak

Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi oleh manusia karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit.

Faktor Keturunan

Bila orang tua nada memiliki wajah yang berminyak, dan kulit wajah anda juga berminyak. Itu berarti wajah berminyak anda disebabkan oleh faktor keturunan.

Sering Stress

Ketika anda stress, Produksi hormon kortisol akan meningkat sehingga produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Ini menyebabkan tubuh anda menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah anda berminyak.

Kosmetik

Terkadang, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya juga bisa memicu produksi minyak berlebih. Jadi perhatikan dengan baik sebelum membeli produk tersebut.

Kesalahan Produk

Beberapa orang salah menggunakan produk kecantikan kulit karena kurang paham dengan kondisi kulitnya. Misalnya memakai produk untuk kulit berminyak padahal memiliki kulit kombinasi.

Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya.

Cara mengatasi minyak berlebih pada wajah

Bersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah merupakan rutinitas dan paling penting untuk dilakukan. Pada intinya bukan hanya membersihkan wajah anda saja tapi juga seluruh badan anda secara teratur. Minimal anda bisa melakukanya 3 kali dalam sehari.

Menggunakan Masker Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Anda dapat membuat masker wajah dari lemon caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan madu lalu oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Membasuh Wajah dengan Air Hangat

Ambil handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, lalu lap atau kompreskan ke wajah anda selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap malam.

Masker Bengkoang

Bengkuang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Buatlah masker bengkuang, dengan memblender bengkuang yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan ke wajah anda diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

Masker Pisang

Pisang mengandung vitamin A, C, dan E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Anda dapat membuat masker pisang dengan cara, menghaluskan makser pisang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air hingga bersih.

Perawatan untuk wajah berminyak memang berbeda dengan perawatan kulit wajah kering ataupun normal. Dengan perawatan yang tepat kulit wajah anda akan tetap bersih dan juga sehat. Kulit wajah yang berminyak harus dirawat lebih ekstra, hal ini disebabkan kulit wajah yang berminyak sangat rentan ditumbuhi jerawat ataupun masalah wajah lainnya.

Dengan cara merawat wajah berminyak ini tentu saja masalah wajah berminyak bisa diatasi dengan cepat dan mudah.

Terus kunjungi situs http://obatherbalagarcepathamil.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Cara Merawat Wajah Berminyak